Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

03 Januari 2011

Coretan Awal Windows 8 (Part 2)

Ketiga, Gazelle. Gazelle adalah teknologi browser masa depan Microsoft. Kemungkinan, browser yang dimaksud adalah Internet Explorer 10 yang bakal disertakan pada Windows 8. Gazelle yang sedang dikembangkan ini memungkinkan browser menyediakan pengalaman surfing yang lebih cepat, baik, dan aman. Hal ini disebabkan browser mampu mendeteksi kode-kode halaman web dan sumbernya. Jadi, bisa melindungi user dari script-script jahat yang bertebaran di internet.
Ambil contoh kita membuka situs Microsoft. Situs itu menyediakan berbagai konten, seperti animasi atau video yang tentunya mengandung script (biasanya Javascript atau CSS). Nah, Gazelle bekerja secara cerdas mendeteksi jenis script yang dipakai, dan sumbernya. Jika script-nya dianggap berbahaya, maka browser akan memproses halaman itu dengan hak terbatas (limited rights). Jika script-nya bersih, lalu dicek sumbernya. Untuk sumber terpercaya seperti situs Microsoft, browser akan memproses halaman seperti biasa. Jika kita mengklik link keluar dari situs terpercaya, browser akan memeriksa lagi sumbernya. Jika tidak dikenali, maka akan diproses terpisah dan diberi hak terbatas. Dengan begitu, bila mengandung script berbahaya, tidak akan berefek apa-apa pada OS.
Sebenarnya, Gazelle didesain untuk browser yang menjadi OS (seperti Chrome OS), karena mampu menjalankan file EXE, atau mengaktifkan hardware eksternal seperti webcam atau GPS.  Namun, tampaknya, Microsoft berpendapat jika Gazelle lebih baik diterapkan di browser.
Keempat, CoApp. Nama lengkapnya Package ManagementCoApp. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Packet Manager untuk Windows, sebagaimana yang dimiliki OS Linux. Proyek ini akan dikembangkan berbasis open source, dan bakal tersedia kira-kira 2 tahun lagi untuk Windows 8. Namun, tidak menutup kemungkinan bakal tersedia untuk Windows 7, Vista dan XP.
Dasar pengembangan CoApp adalah kesulitan yang ditemui programer untuk mengonversikan aplikasi open source dari platform Linux ke Windows. Aplikasi open source tampaknya bakal menjadi primadona software di masa depan. Selain gratis, dukungan dari komunitas yang memperkaya fitur, menjadi senjata andalan melawan software komersial. Makanya, banyak aplikasi open source dari Linux yang di-Windows-kan. Dengan adanya proyek CoApp, hal ini akan menjadi mudah.
Selain itu, CoApp akan menyediakan application manager yang mempermudah kita untuk meng-update software-software kita secara mudah. Jika di Windows sekarang Windows Update client hanya terfokus pada pembaruan OS, di Windows 8 software pun akan mendapat perlakuan serupa. Tidak perlu susah-susah meng-update aplikasi dengan cara masing-masing aplikasi itu seperti yang ada sekarang.
Posting Komentar