Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

17 Januari 2011

Meningkatkan Kinerja Flash Disk

Nah, sudah sekian lama saya tidak membuat artikel mengenai tweak Windows. Kali ini, ada sedikit tweak yang berhubungan dengan kinerja flash disk. Bagi kamu pemakai flash disk, pasti kecepatan baca tulis FD (flash disk) kalah cukup jauh daripada hard disk. Kalau ga percaya, silahkan tes jalankan program dari flash disk, lalu bandingkan dari hard disk. Walau begitu, kinerja flash disk masih bisa ditingkatkan.
Salah satunya adalah memanfaatkan cache pada flash disk. Seperti kita ketahui, cache adalah memory virtual yang berguna mempercepat sebuah proses. Jika flash disk kita cache-enabled, maka proses menulis akan terasa lebih cepat. Bagaimana cache bekerja?
Ibaratkan jika kita ingin bepergian. Suatu hari, ada sebuah keluarga beranggotakan 8 orang yang ingin pergi ke suatu tempat yang cukup jauh. Transportasi yang tersedia hanyalah mobil dengan bak terbuka. Nah, mereka pergi bertahap. Setiap trip mengangkut 2 orang (3 dengan supir) sehingga mobil bolak-balik sebanyak 3 kali. Cara ini membutuhkan waktu yang lama.
Bandingkan dengan ini. Semua anggota keluarga dibawa sekali angkut (tentunya memanfaatkan bak terbuka), sehingga sekali berangkat semuanya terbawa. Begitulah perbandingan kecepatan tulis flash disk yang tidak memakai cache (cara pengangkutan pertama) dan yang memakai cache (cara pengangkutan kedua). Tentu lebih cepat yang kedua.
Tapi cara kedua memiliki resiko. Cara pertama terasa aman jika ketika di perjalanan diguyur hujan deras. Bandingkan dengan cara kedua yang berpotensi merugikan penumpang di bak terbuka. Nah, begitulah ilustrasi flash disk dengan atau tanpa cache.
Flash disk dengan cache bekerja lebih cepat, karena data yang akan ditulis ke flash disk terlebih dahulu diletakkan di tempat penyimpanan sementara (cache), dan baru akan ditulis sesaat setelah kita melakukan save removal. Hal ini berarti hanya terjadi 1 kali tulis. Jika tanpa cache, maka data akan langsung ditulis, sehingga terjadi berkali-kali penulisan ke flash disk. Memang lama, namun data langsung tersimpan. Jadi, bisa langsung cabut atau jika mati listrik / batere low, data tetap aman. Sedangkan kelemahan cache, karena penulisan dilakukan di akhir sesi flash disk, kita tidak bisa langsung mencabut flash disk dari PC, karena berpotensi merusak data di flash disk.
Nah, bagi yang ingin performa lebih, dengan resiko tersendiri, silahkan ikuti langkah di bawah ini.
Buka Windows Explorer, klik kanan pada flash disk, pilih Properties.
Pada tab Hardware, pilih flash disk kamu, lalu klik Properties.
Muncul jendela baru, klik Change Setting.
Muncul jendela baru lainnya, klik pada tab Policies.
Klik atau pilih opsi “Better performance”
OK kan. Rasakan perbedaannya.
Jangan lupa sebelum mencabut flash disk, lakukan save removal terlebih dahulu.
Posting Komentar