Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

18 Januari 2011

Virtualisasi pada Hardware

Setelah pada postingan sebelumnya saya menjelaskan sedikit mengenai virtualisasi, kali ini saya kan coba memberikan beberapa contohnya. Pada postingan kali ini, saya akan memberi contoh virtualisasi pada hardware.
Langsung saja, contoh yang pertama adalah Java Emulator. Tentu saja virtualisasi ini ditujukan untuk programmer Java. Tujuannya adalah mengetes apakah aplikasinya bisa berjalan dengan baik. Jika sukses, maka akan dipublikasikan sehingga siap dipakai di perangkat asli, semisal HP. Namun, sekarang sudah ada virtualisasi Java yang bisa kita manfaatkan. Sebut saja sJBoy Emulator. Dengan emulator ini kita bisa menjalankan game atau aplikasi Java di PC. Jadi, kita bisa menjalankan Opera Mini. Sangat menguntungkan bagi yang memakai koneksi dial-up atau bagi yang miskin kuota seperti saya. Hehehe.
Download sjBoy di sini.

Yang kedua adalah phone tester a la Sony Ericsson. Aplikasi berbentuk web app ini memungkinkan user mencoba sebuah HP Sony Ericsson secara online. Adapun fitur yang dicoba hanya sedikit, hanya menunjukkan tampilan menu, daftar fitur-fitur, namun tidak bisa mencoba fitur-fitur yang berhubungan dengan hardware (kamera, speaker, dll), jaringan (telepon, messaging, internet), dan menginstal aplikasi. Namun, dengan adanya phone tester ini, setidaknya user punya kesempatan melihat menu-menu yang disajikan HP sebelum memutuskan untuk membelinya. Sebuah usaha yang bagus dari Sony Ericsson.
Kunjungi situs Sony Ericsson dan pilihlah jenis HP yang akan dipakai.
 Yang ketiga adalah iPhone emulator dari Apple. Ga jauh beda dari Java emulator, yaitu untuk mengetes aplikasi yang berjalan di platform iOS, baik itu iPod Touch, iPhone, atau iPad. Sayangnya, emulator ini tidak bisa kita dapatkan secara gratis, karena hanya diberikan Apple ke developer yang sudah terdaftar dan mau menjual atau menyebarkan hasil karyanya lewat iTunes Store.
 Yang keempat adalah BlackBerry emulator. Tau BB kan? Hari gini ga tau? Ya ga kenapa-kenapa juga. Hehehe. Nah pihak RIM selaku pembuat smartphone kantoran ini mengeluarkan emulator BB yang ditujukan ke developer BB. Namun, end user biasa juga bisa mendapatkan emulator ini dengan cara mendaftarkan dirinya. Tenang, ga mesti punya BB asli supaya bisa memiliki emulator ini. Emulator ini bisa menjelma menjadi BB asli. Kenapa? Karena selain bisa melihat tampilan dan fitur-fiturnya, kita juga bisa menikmati fitur tersebut, kecuali yang berhubungan dengan hardware dan jaringan. Lebih baik dari phone tester SE, karena pada emulator BB ini kita bisa menginstal aplikasi, lalu menjalankannya dengan baik. Bahkan, internetan juga bisa asalkan sudah menginstal add-on dan setting dengan tepat. Bagaimana? Interesting? Ga perlu punya BB buat memakainya.
Download emulator BlackBerry di sini.
Posting Komentar