Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

06 September 2010

Tips Merawat Laptop (I)

Hmm...makin hari komputer (bentuk apapun itu) sudah makin naik turun. Maksudnya, kualitasnya naik tapi harganya turun. Ga heran, makin banyak aja laptop keluar dari tokonya tiap hari. Nah, mungkin kamu juga punya satu atau lebih di rumah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga dan merawat laptop agar tetap OK.
Pertama
Kita mulai dari bagian luar.
1.    Disarankan memakai screen filter agar mengurangi dampak radiasi layar, sekaligus melindungi layar dari kotoran.
2.    Balut laptop dengan dusk protector berbahan plastik, agar bodi laptop tetap kinclong seperti baru. Jika sudah cukup lama, cukup mengganti protectornya saja.
3.    Lindungi keyboard dengan dusk protector, berbahan karet. Ini, selain melindungi keyboard dari debu, juga membuat kita lebih nyaman mengetik dan mengurangi kemungkinan air masuk ke bagian dalam laptop melalui celah-celah keyboard jika suatu saat terkena air.
Kedua
Selanjutnya tips ketika laptop bekerja.
1.    Pastikan laptop memiliki cukup daya untuk hidup. Jika tidak, di-charge atau ganti ke AC power (tanpa baterai). Menghidupkan laptop tanpa daya yang cukup hanya akan merusak komponen laptop semisal hard disk dan sistem operasi karena gagal log on.
2.    Jangan menutupi lubang ventilasi udara laptop dengan alasan apapun. Lubang ini sangat penting, jika ditutupi akan mengakibatkan over-heating di dalam laptop dan merusak komponen-komponennya.
3.    Disarankan tidak memakai laptop di tempat tidur atau di tempat dengan permukaan yang tidak rata, dikhawatirkan lubang ventilasi tertutupi.
4.    Disarankan tidak memakai laptop di tempat berdebu, karena akan mengundang debu untuk masuk ke dalam laptop dan merusak komponen-komponenya.
5.    Sangat disarankan memakai cooling pad demi pendinginan yang maksimal (bahkan tambahkan kipas angin lagi jika kurang). Pendinginan yang maksimal akan membuat resiko over-heating semakin rendah, suhu di dalam laptop tidak panas sehingga komponen (khususnya prosesor) bisa bekerja optimal.
6.    Jangan memakai laptop di tempat yang terik.
7.    Jangan pakai laptop secara non-stop. Untuk di ruangan ber-AC, maksimal 7 jam sekali hidup, di ruangan non-AC maksimal 5 jam. Ini wajib dipatuhi agar laptop awet muda. Setelah diistirahatkan 1 jam, laptop bisa dipakai kembali. Ingat, semakin lama dipakai, semakin panas suhu laptop. Suhu yang panas membuat komponen bekerja kurang maksimal. Ibaratnya seperti manusia yang disuruh olah raga di bawah terik matahari.
8.    Oh ya, jangan suka memindah-mindahkan laptop yang sedang hidup, demi mengurangi resiko terguncangnya hard disk. Hard disk yang sedang bekerja rentan rusak karena guncangan.
Nah, sekian dulu tips-nya. Di bagian kedua, akan diuraikan mengenai software-nya (OS dan aplikasi), karena juga memengaruhi laptop. Jika ada tips lain, silahkan beritahu saya. Let’s share our knowledge here!
Posting Komentar