Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

09 Juni 2012

Mengapa Fasilkom UI?


Well, SNMPTN Undangan telah genap 2 tahun. Dan insya Allah 3 bulan lagi aku jadi anak semester 3. Ga terasa aja, bakalan punya adik kelas. Mereka akan melewati masa-masa orientasi minimal satu semester.
Mengapa Fasilkom UI? Mungkin banyak yang merasa lebih tertarik dengan tetangga di Bandung, namun kampus ini tetap memiliki kelebihan tersendiri bagi saya. Ya, awalnya saya pengen kuliah di kampus tetangga, namun Allah menempatkan saya di Fasilkom UI, ya yaudah saya jalani aja. Hampir setahun di sini, ternyata saya merasa ada kepuasan yang luar biasa, merasa ga ada ruginya masuk ke kampus ini. Kenapa?

OK, saya ceritakan dari awal. Saya adalah mahasiswa dari Medan, masuk ke Fasilkom UI lewat Undangan, dan hanya punya beberapa kakak kelas dan 4 teman seangkatan. Masa orientasi berjalan lancar, namun baiknya bukan otot yang dituntut kerja keras, namun otak. Banyak diberi tugas, seperti mencari artikel tentang komputer dengan judul yang menggemaskan karena baru tau istilah tersebut setelah dikasih tugas (nah loh). Ada juga buku binder maba yang isinya data satu angkatan, beberapa senior, staf, dosen, janitor, satpam, bahkan pedagang kantin pun sampai diwawancarai. Bukannya mau ngerjai, namun senior ingin menanamkan kekeluargaan kepada mahasiswa baru (maba). Selama orientasi, akan diadakan pemilihan ketua angkatan. Dia yang menjadi presiden angkatan tersebut.

Selama orientasi, tidak ada namanya kekerasan. Tidak ada pemakaian atribut yang norak, hanya nametag seperti yang dipakai kepanitiaan. Semua kegiatan diusahakan seseru mungkin, bahkan mereka menerima kritik jika maba merasa kegiatan yang mereka jalani tidak berguna. Ada juga mentor pembimbing yang akan memberikan arahan tentang kehidupan awal di Fasilkom UI.
Sampul depan binder maba (dibuatkan senior)
Cukup dengan masa orientasi. Tidak ada yang merasa benar-benar keberatan. Di UI, kelihatannya Fasilkom UI yang memiliki masa orientasi yang “ringan”. Sama sekali tidak ada perploncoan. Namun, maba tetap respek kepada senior.

Well, agak curhat masa orientasi, kelebihan kuliah di Fasilkom UI yang pertama adalah digitalisasi. Pengisian IRS (Isian Rencana Studi, mata kuliah apa saja yang akan diambil – ingat, kuliah beda dengan sekolah) dilakukan lewat situs akademik UI di academic.ui.ac.id. Online. Dengan adanya fasilitas ini, anak daerah yang sedang pulang kampung ga perlu ke kampus demi mengisi IRS atau konsultasi dengan dosen pembimbing akademis, cukup lewat email, dan akan mereka layani.

Kedua, anak Fasilkom UI memiliki SCeLE. Apa itu? Kepanjangannya adalah Student-Centered e-Learning Environment. Kamu tau Kaskus? Ya, semacam itulah. Fungsi utamanya adalah untuk mendukung perkuliahan. Kalau di Kaskus dikenal thread yang bisa di-subscribe, di SCeLE dikenal course yang bisa di-enroll. Setiap course mewakili satu kelas atau mata kuliah. Di course tersebut, kita bisa mengunduh materi kuliah yang diupload dosen, mengikuti kuis / tes online, mengumpulkan tugas, bertanya tentang pelajaran ke dosen / asdos / teman, atau membagi pengetahuan.
SCeLE Fasilkom UI
Course yang di-enroll
Ini dia forum-forumnya
Apa SCeLE hanya buat belajar? Ga kok, ada juga fungsi lain seperti pengumuman akademis seperti pengumuman hari libur, jadwal ujian, pemanggilan mahasiswa tertentu, dll. Ga perlu lagi papan mading buat menempel informasi. Ada juga forum-forum non-akademis, mirip dengan forum Kaskus. Di forum tsb, bisa ngebahas hampir apa saja, mulai dari pendaftaran kepanitiaan, informasi event dan seminar, diskusi bebas, bahkan laporan lost and found. Juga ada tentang beasiswa yang sangat membantu, karena semua beasiswa yang dijatahkan untuk Fasilkom UI, terpusat di satu forum.

Bagi yang suka ke perpustakaan, metode yang dipakai cukup unik. Kita tidak diijinkan mengambil buku sendiri; ada petugas yang bersangkutan. Kita hanya perlu mencari buku yang diinginkan lewat komputer (web bernama Lontar UI). Nah, petugas yang akan mengambilkan buku tsb untuk kita, jika ada stoknya. Oh ya, perpustakaan di Fasilkom UI beda dengan lainnya, karena disediakan colokan listrik yang melimpah, sehingga ga heran banyak laptop yang beroperasi di sana :D.

Tau Facebook kan? Nah, anak Fasilkom benar-benar memanfaatkannya untuk komunikasi satu angkatan. Dan tentunya hanya angkatan bersangkutan yang bisa akses grup. Teman-teman sesama Fasilkom ga ada yang pelit kok. Jika ada info lomba / beasiswa / kisi-kisi ujian, selalu diposting. Ada juga yang mau menjawab problema pemrograman kamu. Jika kamu mahasiswa Fasilkom UI 2012, kamu harusnya sudah bergabung di grup Fasilkom UI Angkatan 2012.

Hanya itu saja? Tidak. Fasilkom UI memiliki area yang terkecil di UI, hanya berupa 3 gedung yang jika dilihat dari atas seperti simbol tombol power (dua gedung melingkari satu gedung utama di tengah). Namun, Fasilkom UI memiliki router wifi terbanyak di UI. Jadi kebayang kan betapa banjir sinyal wifi di Fasilkom UI.
Tampilan gedung Fasilkom dari atas (versi Google Map, dilihat di @america, Jakarta)
Kalau ga punya laptop, ga masalah. Tersedia lab komputer yang dapat diakses tiap saat kecuali saat lab-nya dikunci atau dipakai tutorial :D. Setau saya, lab-nya ada di semua gedung. Lab yang bisa dipakai warga Fasilkom UI berada di Gedung A, ada 9 lab di lantai satu, dan 1 di lantai dua (khusus anak internasional). Di lantai satu, terdiri dari 1 lab laptop (khusus yang bawa laptop), 1 lab babe (lemBAga Bantuan asistEn – agak maksa sih, tapi namanya familiar) untuk konsultasi dengan asdos, dan 6 lab yang isinya komputer (harusnya 7 ruang, tapi ada yang disatukan). Komputernya dilengkapi dengan akses internet yang tidak terbatas (kecuali buka FB, hanya bisa di jam makan siang, sesudah jam 4 sore, dan hari Sabtu) yang pastinya gratis. Koneksinya? Santai, jika kalian hobi download, inilah surganya. Untuk server lokal, sanggup memberikan speed download hingga melewati 3 MB/s (atau 24 Mbit/s). Well, saya udah sering kok, download file 1 GB sekitar 10 menitan. Gimana, tertarik? :D. Lab biasa buka sekitar setengah 9 sampai dengan 10 malam. Ga bakalan ada yang berani ngusir kecuali sudah lewat batas jam atau ada tutorial :D.
Download dari IDWS
Download dari kambing.ui.ac.id
Well, sampai di sini dulu pembahasan saya, angkatan 2011 Fasilkom UI. Mungkin di tempat lain fasilitas di atas biasa, namun percayalah, minimal saya yang terkesan dengan Fasilkom UI. Semoga membantu calon penghuni kampung panda, dan insya Allah menambah semangat bagi yang akan ikut tes tertulis dan mengincar satu kursi di Fasilkom UI 2012. Insya Allah, di edisi berikutnya akan saya bahas mengenai ketakutan maba Fasilkom UI nomor satu, yaitu baru “kenalan” dengan kodingan. :D

Psst...tambahan :
Setiap mahasiswa Fasilkom UI akan mendapatkan akses ke webstore Microsoft, untuk mendapatkan berbagai software Microsoft secara gratis (semisal Windows 7 Professional) :D
Bukti pembelian Windows 7 Professional Original
Saat aktivasi dengan original key
Windows saya resmi, kalo kamu? :D
Posting Komentar