Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

19 September 2010

Operating System pada Hand Phone (bagian 1)

Kalau bicarain OS atau sistem operasi, mungkin kita akan berpikir tentang komputer. Ya sih, memang ga salah karena sistem operasi itu komponen pokok agar komputer bisa kita pakai. OS komputer bermacam-macam, ada Windows, MacOS, dan Linux. Tapi, tahukah kamu kalau sekarang sudah banyak HP atau mobile phone yang sudah ber-OS?
Sebelumnya, kita bahas apa itu OS. Menurut Wikipedia, OS adalah software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software lain dijalankan setelah OS berjalan (istilahnya setelah kita logon), dan OS akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu.
Nah, yang perlu diketahui, HP adalah komputer juga, namun dengan fungsi yang sederhana dan ukuran yang jauh lebih kecil. Ini dikarenakan HP memiliki I/O devices (alat input-output, misalnya keypad, touchscreen, speaker, monitor, dll), ada user yang memakai (yaitu pemiliknya), dan ada penghubung antara keduanya (user dan hardware). Nah penghubungnya adalah OS.
OS buat HP dibagi 2, yaitu OS terbuka dan OS tertutup. Terbuka jika kita bisa menginstal aplikasi tambahan dari luar (seperti OS-OS komputer), dan tertutup jika tidak bisa diinstal aplikasi tambahan dari luar. Kebanyakan HP memiliki OS tertutup, seperti HP low-end, sebagian besar HP Sony Ericsson (mis. Aino, W508, K850i, dll), Nokia S40 edition (mis. C3, X2, 6700 Classic, dll), dan HP-HP lainnya. Pada HP-HP tersebut memang kita bisa menambahkan game atau aplikasi dari luar, namun itu dikarenakan adanya platform Java MIDP (J2ME). Java ini adalah platform, bukan OS, yang bisa berjalan dimana saja, baik OS komputer, OS HP yang terbuka maupun tertutup. Formatnya adalah .JAR. Karena aplikasi Java tidak mengubah sistem, makanya HP dengan OS tertutup lebih aman dari virus. Imbasnya, aplikasi tambahannya tidak semaksimal yang dimiliki OS terbuka, karena tidak adanya hak mengubah sistem.
Untuk OS terbuka, memiliki banyak ragam, namun tidak bisa kita tentukan sesuka hati seperti pada komputer. OS ini sudah pre-installed dari pabrik, jadi tidak bisa diganti atau instal ulang. Contohnya adalah Windows Mobile, Symbian, Android, Blackberry OS, iPhone OS, Bada OS, Maemo, dan webOS.
Nah, penjelasan tentang OS terbuka akan kita bahas di bagian kedua. Kritik dan saran, saya persilahkan dengan senang hati.
Posting Komentar