Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

02 September 2010

Invisible Folder : Cara Mudah Sembunyikan Folder

Kali ini, little tweak untuk sembunyikan folder dari pandangan orang, baik itu di desktop ataupun di hard disk atau flash disk. Caranya gampang, ga perlu pake software apapun.
Nah, siapkan folder yang akan dihilangkan.
Rename folder itu, tekan tombol Alt sambil mengetikkan 255 memakai numeric pad keyboard (letaknya di kanan, bukan yang di atas huruf-huruf). Untuk laptop, aktifkan dulu NumLock, entah itu pakai tombol Fn atau apa, tergantung merk laptop. Kemudian tekan tombol Alt sambil menekan tombol KII (K untuk no. 2, I untuk no. 5)
Folder tanpa nama
Kemudian, klik kanan folder tanpa nama yang masih terlihat itu, lalu pilih Properties. Di tab Customize, klik tombol Change Icon. Lalu, pilih icon yang ga ada icon-nya (nah lho, bingung kan?). OK kan.
Klik Change Icon
Pilih Icon yang tidak kelihatan
 Nah, sekarang foldernya masih ada, tapi tak terlihat. Buat lebih tersembunyi lagi, klik kanan folder itu, di bagian General, centangkan “Hidden”, lalu OK.
Hidden-kan agar lebih tersembunyi
 Selanjutnya, buka Win. Explorer, klik menu Tools di bagian atas, lalu pilih Folder Options. Di tab View, pilih “Don’t show hidden files, ...”. OK kan.
Nah, kalau sekarang foldernya beneran ga kelihatan, dan ga bisa diakses.
Kalau mau yang hidden, dan bisa diakses, jangan ikuti langkah yang memakai tombol Alt itu, supaya nama folder tetap ada. Jadi, walau tidak nampak tetap bisa diakses. Caranya, ketikkan nama folder di kotak Address, didahului dengan “\”.
Oh ya, kalau yang mau dihilangkan namanya lebih dari satu, ulangi perintah Alt + 255 sebanyak foldernya. Jadi untuk folder kedua, tekan Alt + 255 dua kali.
Oh ya, trik ini berlaku untuk semua OS, baik itu Windows XP, Vista maupun 7.
Posting Komentar