Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

16 Juni 2010

Sembunyikan Ekstensi File yang Diketahui

Hmm...udah lama ga ngeposting karena malas dan ujian. Nah, sekarang setelah selesai ujian, saya bakalan ngeposting lagi. Moga aja bisa segera sampai 100.
OK lha, kali ini saya akan posting tentang cara sembunyikan ekstensi file yang sudah dikenali Windows. Ini penting lho demi kenyamanan editing contohnya. Misalnya aja, kalau mau rename suatu file, mesti hati-hati kalau ga ekstensi-nya bisa berubah dan format file berubah juga.
File dengan ekstensi
Oh ya, ekstensi itu (buat yang belum tahu) adalah identitas suatu format file yang biasanya disimbolkan dengan singkatan yang terdiri 2 atau lebih huruf atau angka. Contohnya, file dokumen buatan Ms Word ekstensi-nya .doc (Document) atau .docx (Document XML). Ada juga .mp3 (MPEG Layer 3) untuk file audio yang sudah umum kita kenal. Ekstensi ini ada di ujung mana file. Contohnya, Wavin' Flag.mp3.
Nah, di Explorer, kita bisa hilangkan ekstensi ini sehingga hanya namanya aja yang muncul. Begini caranya :
Sembunyikan ekstensi file
Di Explorer, buka menu Tools, lalu pilih Folder Options. Lalu, di tab View, centangkan (ceklis) "Hide extensions for known files". Lalu OK.
Tada...hilang deh ekstensinya. Paling cuma file-file yang belum dikenal aja yang masih ada.
Posting Komentar