Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

28 Mei 2010

Kenapa Koneksi Internetku Lambat ya?

Hmm...postingan terakhir ku udah lama banget. Sekarang, ku mau agak curhat dikit, tentang koneksi internet yang lambat ato lemot a.k.a lola. Para netters pasti geram banget ama hal yang beginian. Mungkin banyak yang uda pernah ngalamin ini, beberapa dari mereka tahu penyebabnya, dan sebagian pasrah aja. Hehehehe. Di posting kali ini, saya akan kupas dikit kenapa lola bisa terjadi.
OK lah...jadi ada beberapa faktor yang buat koneksi kita lambat. Yang pertama adalah jenis koneksi yang kita pakai. Kalau kita pakai modem HSDPA, tentu ga mungkin bisa secepat koneksi fibre optic. Begitu juga kalau pakai GPRS yang ga akan mungkin bisa secepat HSPA. Selain itu, negara tempat kita berada juga berpengaruh. 3G di Indonesia belum secepat di negara maju.
Faktor kedua, bagaimana koneksi itu dipakai. OK, asumsikan kita pakai koneksi wireless via hotspot. Di pagi hari, kita browsing dan donwload sendirian. Nah, semakin siang, semakin banyak orang yang memakai wifi. Kira-kira mana yang lebih cepat? Pasti yang pagi kan? Karena pas siang udah banyak yang pakai, jadi bandwidth-nya bagi-bagi. Sama juga kalau kita di warnet. Pernah hari itu saya ditegur karena kebanyakan download, jadi user yang lain jadi terganggu karena akses internet mereka melemah.
Faktor ketiga, adalah apa yang kita buka. Ada 3 hal yang berhubungan dengan halaman yang kita buka, pertama kontennya. Makin sedikit kontennya, makin cepat dibuka. Pasti lebih cepat buka Google daripada Facebook kan? Kedua, lokasi servernya. Biasanya, halaman yang disimpan di server lokal lebih cepat dibuka daripada halaman dari server luar. Contohnya, buka Indowebster bisa lebih cepat daripada buka situs resmi UEFA. Ketiga, traffic servernya. Maksudnya, berapa banyak halaman itu dibuka secara bersamaan oleh netters lainnya. Pernah dengar cerita lumpuhnya Facebook dan Twitter? Hal itu diakibatkan program jahat bernama botnet yang jumlahnya luar biasa banyak membuka halaman FB dan Twitter secara bersamaan. Akibatnya, server sanggup penuhi request semua user, jadinya hang. Sama kayak misalnya di suatu restoran kapasitas 100 orang didatangi konsumen sebanyak 1000 orang yang semua sama-sama lapar. Karena jengkel, konsumen yang belum dilayani mengamuk dan buat kekacauan. Yang lain terprovokasi dan (bisa saja) porak-poranda lah restoran itu. Ngeri ya? Memang. Untung aja ada Captcha, jadi botnet bisa dilawan.
Nah...udah cukup panjang penjabarannya. 3 faktor ini memang yang paling berpengaruh terhadap kecepatan akses internet kita. Kalau sempat, saya akan postingkan lanjutannya.
Oh ya, untuk mengukur seberapa cepat akses internet kita, bisa lakukan tes di Speedtest.
Posting Komentar