Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

20 Juni 2010

Manipulasi Skor WEI

Bagi user Vista dan Win 7, ada fitur baru dari Microsoft yang bernama Windows Experience Index. Fitur itu berguna untuk menilai performa PC kita dalam berbagai hal, mulai dari kekuatan CPU dalam menghitung, VGA untuk Aero dan gaming, memory (RAM) sampai hard disk. Bisa dibilang ini adalah program benchmark dari Microsoft.
Skor Windows Experience Index
Nah, bagi yang tidak begitu peduli, nilai yang rendah karena komponen PC yang rendah bukan masalah. Namun, kalau pengen PC dengan spek pas-pasan memiliki nilai WEI yang tinggi, mudah kok. Tinggal kita manipulasi. Begini caranya.
Pertama, kita mesti melakukan tes WEI minimal satu kali. Cek deh, di Properties dari My Computer. Perhatikan di bagian System. Kalau sudah ada nilai tertera di Rating, berarti requirement pertama sudah terpenuhi. Lanjut ke next step.
Skor WEI yang tertera di Properties dari Computer
Masuk ke C:/Windows/Performance/WinSAT/DataStore. Di folder itu, perhatikan file yang bernama Formal.Assesment (Recent).WinSAT.xml. Nama file-nya didahului oleh tanggal kita melakukan tes WEI. (Recent) Cuma ada kalau kita melakukan tes WEI lebih dari 1 kali. Jadi, Recent itu menunjukkan kalau itulah hasil tes terakhir.
Sudah ketemu file-nya? Open with dengan Wordpad. Perhatikan kode-kode yang berada antara tag dengan . Angka yang tertampil di situ yang harus diganti dengan skor yang diinginkan. Setelah selesai, Save, jangan Save as. Kalau gagal, coba take ownership file tersebut. Silahkan baca di sini.
Hanya edit angka di antara dan
Apa sih gunanya manipulasi skor WEI? Selain itu, gaya-gayaan, tweak ini berguna untuk melewati requirement software-software baru yang menggunakan skor WEI sebagai acuan sanggup tidaknya PC tsb menjalankan software itu. Contohnya PES 2010 yang membutuhkan skor minimum 3.0. siapa tahu, hardware kamu, walau skor WEI-nya rendah, masih sanggup menjalankan software tsb.
Selamat mencoba.

PES 2010 yang membutuhkan skor WEI min. 3,0
Posting Komentar