Cari

Memuat...

Did You Know?

Piala Dunia 2014 menjadi edisi pertama yang akan digelar di saat smartphone sudah mewabah. Dipastikan demam "Piala Dunia" akan menyerbu berbagai toko aplikasi berbagai OS mobile seperti App Store-nya iOS maupun Play Store-nya Android.

07 Februari 2011

Tips PowerPoint : Kreasi Temamu Sendiri dengan Slide Master!

Well, di tengah kesibukan sebagai seorang siswa, saya coba curi waktu buat tetap update blog. Di kesempatan kali ini, saya akan membagikan tips yang baru saya temukan. Dengan memanfaatkan fitur yang bernama Slide Master pada Microsoft Office PowerPoint (baik versi 2003, 2007, maupun 2010), kita bisa membuat tema sendiri. Ready?
Nah, langkah pertama buka aplikasi PowerPoint (saya memakai PowerPoint 2010). Lalu, di tab View, klik Slide Master. Di sini kita bisa melihat desain dasar suatu tema. Kenapa kita pakai Slide Master? Karena objek yang kita letakkan di Slide Master akan otomatis dibuat setiap kali kita membuat slide baru. Misalnya, kita ingin menambahkan kotak di setiap slide, tinggal buka Slide Master, letakkan kotaknya, dan otomatis kotaknya ada di semua slide.
i sebelah kiri adalah slide sorter. Perlu kita ketahui, slide master ini seperti template. Di slide sorter ada beberapa jenis slide yang bisa diedit, mulai dari slide judul, slide teks, slide gambar, dll. Pilih salah satu slide, lalu edit sesuka kamu. Bisa kamu ubah background colour-nya, menambahkan objek baru (grafik, tabel, gambar, atau apa aja), dll. Setelah selesai, di tab Slide Master klik Close Master View.

Sekarang, lihat bedanya. Di tab Home, bagian Slide, pilih Layout. Perhatikan perubahan pada slide yang kamu edit tadi. Jika objeknya kamu buat di Slide Master, dijamin ga kan bisa dipindahkan, diedit, apalagi dihapus. Objek hanya bisa digitu-gituin melalui Slide Master. Ngerti? Bagus.
Sekian saja, semoga berguna bagi kamu kreator tema yang jenius!

Tidak ada komentar: