Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

02 Februari 2011

Hidden File dengan CMD

Satu lagi trik cmd yang saya dapat hasil penjelajahan di belantara internet. Trik ini simpel, yaitu bagaimana menyembunyikan suatu file. Sebelumnya, saya telah postingkan cara menyembunyikan file dengan file JPG, namun kali ini akan memakai atribut.
Kenapa dengan CMD? Karena file bakal benar-benar tersembunyi. Tidak akan ditemukan, bahkan jika kita jelajahi dengan CMD. Namun, file tetap saja bisa kita munculkan kembali. Tertarik? Berikut cara-caranya.
Di postingan kali ini, saya akan menyembunyikan folder yang berada di drive D. Nama foldernya adalah “tes”. Bagaimana menyembunyikan folder tersebut?
Buka CMD, Win + R (Run), ketikkan cmd.
Ketika jendela cmd terbuka, ketikkan d: (Enter)
(Gantikan d: dengan path tempat folder/file berada)
Note : Jika folder/file terletak di dalam folder, bukan langsung di drive (mis. D:\Aplikasi\Games), caranya ketikkan drive-nya, enter, lalu ketikkan cd nama folder, enter.
Untuk contoh path D:\Aplikasi\Games, caranya :
D: (Enter)
cd aplikasi (Enter)
cd games (Enter)
Lalu ketikkan :
attrib tes +s +h (Enter)
(Ganti tes dengan nama folder/file yang akan dihilangkan)
Nah, sekarang coba lihat. Pasti file/folder-nya sudah hilang entah kemana. Atribut yang dipakai adalah super hidden, berbeda dengan atribut hidden biasa.
Bagaimana jika kita ingin mengembalikan file/folder agar kembali terlihat?
Ikuti langkah di atas, tinggal ganti parameter yang terakhir :
attrib namafile/folder –s –h
Jadi, bedanya hanya di tanda + menjadi -.
Sekian.
Posting Komentar