Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

05 Februari 2011

Perbedaan Komputer OEM dan Non-OEM

Komputer adalah barang yang jamak kita pakai. Sekalipun dunia sempat mengalami krisis global, penjualan PC baik desktop maupun laptop tidak kunjung menunjukkan grafik penurunan. Bahkan di negara miskin semacam Indonesia, barang ini telah menjadi kebutuhan. Lihat saja di kota-kota besar yang telah dibanjiri oleh warnet-warnet dan diselimuti oleh sinyal wifi. Bicara komputer, kamu kudu tahu tentang yang satu ini : perakit komputer.Ya, kita tau komputer memiliki berbagai perangkat keras. Tentunya ada ahli di bidang ini. Misalnya Intel dan AMD di prosesor; ATI dan nVIDIA di VGA card; Hitachi, Western Digital, dan Seagate di hard disk; Kingston di memory; dll. Tapi, tahukah kamu bahwa tidak ada komputer atau laptop yang murni memiliki komponen dari 1 pabrikan saja. Maka dari itu, ada yang namanya perakit. Perakit ini adalah orang atau perusahaan yang menyatukan berbagai komponen dari bermacam-macam pabrikan sehingga menjadi satu kesatuan yang padu.
Ada 3 jenis perakit, yaitu perakit amatir, perakit lokal, dan perakit global. Pertama, perakit amatir, yaitu perakit yang bekerja secara perorangan atau tim, namun tidak memproduksi rakitan massal. Biasanya teknikal komputer atau orang yang hobi komputer, dan yang dirakit adalah desktop bukan laptop. Banyak tersedia jasa perakitan di toko komponen komputer atau warnet. Kelebihannya, kita bisa pilih sendiri komponen yang kita mau, karena kitalah yang merakit.
Kedua, perakit lokal. Mereka bekerja dalam tim, dan atas nama perusahaan. Kita kenal merk-merk lokal seperti Axioo, Advan, dan Byon. Berbeda dengan perakit amatir, perakit lokal ini memiliki layanan purna jual seperti garansi, dan memproduksi dalam jumlah massal. Kelebihannya, kita bisa mendapatkan desktop atau laptop dengan harga yang lebih murah ketimbang rakitan perakit global, tentu dengan spesifikasi yang sama. Contohnya, Maret 2009, saya bisa mendapatkan laptop dengan prosesor Intel Core 2 Duo dengan biaya Rp6.300.000, sedangkan laptop rakitan lainnya dengan prosesor yang sama berharga 7 jutaan ke atas.
Ketiga, perakit global. Mereka lebih dikenal dengan OEM, atau Original Equipment Manufactur. Mereka sama dengan perakit lokal, namun perusahaan mereka sudah well-known, sehingga menjadi favorit banyak orang. Beberapa merk global seperti Sony, Acer, Asus, MSI, Lenovo, Dell, Toshiba, dll adalah contohnya. Kelebihannya, dalam laptop atau desktop rakitan mereka, telah disertakan aplikasi buatan mereka yang spesifik, maksudnya khusus ditujukan untuk laptop atau desktop rakitan mereka saja. Ini tentunya memudahkan pengguna awam dalam merawat komputer mereka. Di samping itu, komponen tambahan yang mereka pilih biasanya lebih berkualitas karena sudah bernama. Contohnya, Altec Lansing dan Harman Kardon untuk speaker, webcam kualitas tinggi untuk webchat HD, baterai 6-cell ke atas, wlan card yang support wifi 802.11n, Bluetooth 3.0 dll. Sayangnya, ini berimbas pada harga yang ditawarkan. Pembeli harus membayar mahal untuk komponen yang mereka rakit, aplikasi buatan mereka yang sudah dibundled, dan tentunya membayar atas nama merk!
Well, apakah rakitan perakit global sudah pasti lebih baik dari 2 pesaingnya? Belum tentu. Tergantung kita sebagai pemakai dan perawat komputer. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, silahkan memilih. Dengarkan testimoni user yang telah memakai, dan jangan menempatkan merk di atas segalanya. 
Posting Komentar