Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

17 Februari 2011

Menginstal Windows 7 dari USB Flash Disk

Windows 7? Why not? Bahkan komputer sekelas netbook sanggup menjalankannya. Ga hanya versi Starter lho, bahkan versi Ultimate. Ini sudah saya coba sendiri. Nah, sekedar sharing, saya akan berikan cara mudah instal Windows 7 dari USB flash disk (UFD). Ini berguna buat netbook atau PC yang ga ada optical drive-nya, atau pun yang lainnya.
Well, sebelumnya, kenapa harus flash disk? Secara teori, transfer data lebih cepat diberikan oleh flash disk ketimbang disc (CD/DVD). Jadi, ini berujung pada waktu instalasi yang lebih singkat. Dan juga sangat berguna bagi yang ga punya optical drive, atau yang optical drive-nya agak rusak. Hehehe.
Sebelum mulai, kudu siapin berikut :
-    DVD Windows 7 (atau dalam bentuk file biasa atau ISO)
-    Komputer dengan optical drive
-    Komputer yang akan diinstal (harus support flash disk booting)
-    Flash disk minimal berukuran 4 GB
-    Doa (hehehe)
Saatnya mulai. Pertama, cek komputer yang akan diinstal (PC atau netbook). Masuk ke BIOS dengan cara tekan tombol tertentu (misalnya F1, F2, F4, atau yang muncul di layar). Jika tidak tahu, konsultasi dengan penjual motherboard. Jika sudah masuk ke BIOS, arahkan ke booting order. Pilih flash disk kamu sebagai booting order nomor 1. Tentunya flash disk-nya sudah kamu colokkan ke komputer terlebih dahulu.
Jika memang support, lanjut. Di komputer lain, pindahkan file instalasi ke flash disk. Bagi yang memakai DVD, copy-kan semua isi DVD ke flash disk. Bagi yang punya file ISO Windows 7, silahkan download tool dari Microsoft ini.
Setelah sumbernya selesai, saatnya booting. Colokkan flash disk ke komputer, dan hidupkan komputer. Jika urutan booting sudah benar tadi, kita akan dibawa ke screen instalasi. Lanjutkan instalasi seperti biasa.
Oh ya, jangan cabut flash disk sebelum proses selesai. Dan setelah restart pertama, ubah boot order nomor satu ke hard disk. Kalau tidak, kita akan berhadapan dengan screen instalasi lagi.
Posting Komentar