Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

29 April 2011

Cara Menginstal Win XP setelah Win 7

Well, based on my experiences last week, saya akan uraikan cara gampang untuk menginstal XP di komputer yang sudah ada Win 7-nya. Memangnya ada yang kayak gitu? Ya ada-ada aja, toh saya juga gitu. Alasannya? Tunggu postingan berikutnya.
Ayo kita mulai proyeknya. Saya anggap kamu sudah memiliki instalasi Win XP, mau dari CD/DVD, atau flash disk. Kemudian, siapkan pula instalasi Win 7, baik DVD atau USB. Silahkan instal terlebih dahulu, dengan meletakkan XP tersebut ke hard disk atau partisi selain Win 7. Jadi, kalau sebelumnya Win 7 diinstal di C, maka XP-nya di D/E/F atau apapun itu.
Setelah selesai, ketika sistem booting, kamu pasti akan langsung login ke XP. Nah, mana Win 7-nya? Tenang, selama kita instal XP di drive yang berbeda dengan Win 7, Win 7 ga akan hilang, hanya sedikit susah diakses. Hehehe. Ada yang namanya bootloader, yang tentunya berbeda antara XP dan 7. Win XP memakai versi lama karena basis sistemnya adalah Windows NT 5.1, berbeda dengan Win 7 yang berbasis NT 6.1. Sekedar info, Vista berbasis Windows NT 6.0.
Nah, karena bootloader XP lebih jadul, tentu saja ga sanggup berhubungan dengan bootloader Win 7 yan lebih modern. Ibarat palang pintu, bootloader XP hanya memiliki tinggi 2 meter, sedangkan Win 7 ibarat kendaraan berukuran 3 meter. Jelas ga bisa masuk donk. Makanya dipakai bootloader Win 7 yang ibaratnya berukuran 4 meter. Jadi, Win 7 bisa masuk, apalagi Win XP yang lebih kecil. Ya kan?
Jadi, masalah kita hanyalah bootloader. Silahkan restart komputer, dan boot ke instalasi Win 7. Jalankan instalasi, namun jangan pilih Install Now. Pilih opsi Repair Your Computer yang berada di kiri bawah. Pilih Startup Repair. Biarkan Windows mendeteksi kesalahan. Setelah selesai, komputer akan di-restart.
Nah, komputer akan login ke Win 7. Sekarang saatnya kita masukkan Win XP ke dalam daftar bootloader Win 7. Caranya?? Gampang. Ga ada urusan dengan hacking atau register, hanya perlu instal aplikasi EasyBCD. Aplikasi ringan dan gratis ini akan memudahkan kita.
Jalankan aplikasi, lalu pilih Add New Entry. Lalu, di bagian type, pilih “Windows NT/2k/XP/2k3”. Di bagian name, bisa kamu ganti dengan nama di list bootloader nanti. Di versi terbaru, EasyBCD akan mencari dan menambahkan XP ke list bootloader dengan otomatis. Jadi, tugas kita cuma pilih tipe aja, karena akan langsung terdeteksi XP yang udah kita instal tadi. Pilih Add Entry.
EasyBCD
Restart, dan kini akan muncul Windows Boot Manager dengan dua list, yaitu Win 7 dan Win XP. Proyek selesai!
Posting Komentar