Cari

Memuat...

Did You Know?

Piala Dunia 2014 menjadi edisi pertama yang akan digelar di saat smartphone sudah mewabah. Dipastikan demam "Piala Dunia" akan menyerbu berbagai toko aplikasi berbagai OS mobile seperti App Store-nya iOS maupun Play Store-nya Android.

02 April 2011

Web App? Apa Itu?

App, app, dan app. Tau ga sih arti app? Lagi ngetren nih, apalagi bagi user product Apple. Yups, ada 2 yang buat kata app jadi terkenal. Yang pertama, Apple, dan kedua Facebook. App lebih dikenal sebagai sesuatu yang berhubungan dengan keduanya. Apple sendiri memiliki toko bernama AppStore. Jadi, apa artinya? Apa pula arti web app?
Sudah ah, fokus ke bahasan. App singkatan dari application, artinya aplikasi atau program. Tau donk? Itu yang kita jalankan di komputer. Sekarang lagi marak-maraknya internet. Para programmer mulai beralih ke web app. Oh ya, web app itu sendiri adalah aplikasi yang bisa dijalankan secara online tanpa ada file yang harus disimpan di local hard disk. Dalam kata lain, web app dijalankan penuh melalui browser.
Apa keuntungan web app? Banyak, antara lain bebas virus. Ya, karena app yang kita pakai tidak kita download, melainkan tetap berada di server. Pembuat app lebih mudah menjaga app-nya free of virus.
Kedua, tidak butuh download. Tentu aja hemat quota dan tidak mengotori hard disk. Ini disebabkan app yang bisa dijalankan langsung dari browser. Dan say good bye to installation screen.
Ketiga, bisa digunakan dimana saja, selama ada koneksi internet. Yups, jika kita memakai web app di rumah, begitu ke warnet kita masih bisa memakai web app. Bahkan beberapa dirancang untuk mobile.
Keempat, paling ter-update. Karena app berada di server developer, dan user hanya bisa memakai app dari server, maka setiap ada update, web app yang kita pakai otomatis ikut ter-update. Bahkan ada yang community-based.
Kelima, gratis. Kebanyakan web app gratis, karena versi web suatu app memang dibuat untuk cloud computing.
Tapi, ada ruginya lho. Salah satunya, kamu harus tetap terhubung ke internet selama memakai app. Ini merugikan bagi kita di daerah yang miskin bandwidth.
Apa saja contoh web app? Beberapa di antaranya, WebOffice (Microsoft); Picasa, Youtube, Google Maps (Google); Facebook; Scribd; dll. Well, secara umum ada beberapa kategori web app, yaitu office, email client, chatting, peta digital, file archiver, multimedia streamer, antivirus, dll.
Kamu tahu yang lainnya? Let’s share here.

Tidak ada komentar: