Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

05 April 2011

Cloud Computing untuk Orang Awam

Setelah web app, here comes cloud computing. Yups, yang satu ini punya hubungan dekat banget dengan web app, karena dasar atau basic-nya web app ya cloud computing. Berdasarkan artinya, bisa diartikan “komputasi awan”. Maksudnya?
Internet memberi suatu cara yang memungkinkan suatu PC berhubungan dengan PC lainnya. Dalam komputasi awan, kita melalui internet mengakses suatu data yang berada di komputer server yang pastinya berada di tempat yang berbeda dari kita. Andai jika kita membuka situs Facebook, maka komputer kita akan berhubungan dengan server Facebook, meminta data sehingga bisa muncul tampilannya di browser kita. Begitulah komputasi awan secara sederhana : internet membuat kita serasa menggunakan komputer lain yang sebenarnya berada di server. Dengan cara begitu, kita bisa membuka website, streaming, download, dll.
Dalam penerapannya, terdapat beberapa manfaat yang bisa kita ambil. Pertama, kita bisa manfaatkan web app.
Kedua, kita bisa memanfaatkan yang disebut online storage. Yups, fungsi cloud computing yang ini yang banyak diminati orang. Kenapa? Karena keamanan. Biasa back-up yang disimpan. Tujuannya, jika suatu saat komputer rusak (baik hardware atau software), user ga perlu panik kehilangan data. Tinggal download aja back-up yang disimpan online dulu kala. Takut privacy? Tinggal tambahkan password. Di samping alasan keamanan, mungkin ada beberapa yang kekurangan space hard disk dalam membuat back-up. Selain back-up, kita juga bisa share file apa aja ke dunia internet melalui online storage. Adapun contoh online storage ini antara lain : Indowebster, Mediafire, 4shared, Megaupload, Hotfile, Rapidshare, Ziddu, Depositfile, Maknyoss, dll. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, namun semuanya menawarkan storage gratis yang terbatas fungsinya. Beberapa bahkan menawarkan sejumlah uang jika file-nya di-download dalam jumlah tertentu.
Ketiga, komputasi awan memudahkan kita untuk berkolaborasi dengan orang lain yang terpisah jarak yang jauh. Melalui internet kita bisa berdiskusi, bertukar pikiran, dan bertukar file.
Bagaimana pendapat kamu? Share di sini.
Poskan Komentar