Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

02 Mei 2011

Mengatur Windows Boot Manager

OK, jujur, postingan kali ini berhubungan dengan proyek menginstal XP setelah 7. Singkat saja, di Boot Manager, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, default OS, kedua selection time. Dua hal ini bisa kita atur, namun hanya bisa diatur di versi Windows yang lebih tinggi. Jadi, misalkan kita instal XP dan 7, hanya bisa diatur di 7. Di XP juga bisa, namun dengan bantuan aplikasi semisal EasyBCD.
Langsung saja, klik kanan pada Computer, pilih Properties. Klik Advanced System Setting.
Pilih Advanced System Properties
Di jendela baru, klik Setting di bagian Startup and Recovery.
Pilih Settings
 Jendela baru muncul, nah di sinilah boot manager bisa di-edit. Ada menu dropdown di bagian Default Operating System, silahkan pilih. Default OS maksudnya, jika ketika boot manager muncul dan selama waktu yang tersedia tidak kita respon, sistem akan login ke OS tersebut. Sangat berguna bagi yang hobi meninggalkan komputer sesaat setelah tombol power ditekan.
Pilih Default OS
Di bawahnya, terdapat “Time to display list of operating system”. Silahkan hilangkan tanda ceklis di kiri supaya Boot Manager tidak muncul, dan langsung masuk ke default OS. Jika diceklis, kamu bisa tentukan lamanya Boot Manager muncul tanpa respon user. Maksudnya, jika sudah respon dengan keyboard, waktunya akan hilang. Bagi yang sering meninggalkan komputer sesaat setelah dihidupkan, setel waktu yang agak lama, semisal 1 atau 2 menit. Namun, bagi yang ingin waktu booting secepat mungkin, bisa meminimalisir atau bahkan menghilangkan Boot Manager.
Setelah selesai, jangan lupa OK.
Restart untuk melihat perbedaan.
Windows Boot Manager
Poskan Komentar