Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

03 Mei 2011

Apa yang Harus Diinstal setelah Instal Ulang?

Ok, pada postingan kali ini saya akan mengulas mengenai sistem operasi. Ditujukan terutama kepada mereka yang baru instal ulang komputer dengan OS baru, misalnya pindah ke Windows 7, namun juga (kayaknya) bisa dijadikan referensi bagi user yang udah lama, mana tau ada yang belum lengkap komponen OS-nya.
Well, kita mulai aja. Yang pertama harus diinstal adalah driver. Semua juga tahu kayaknya. Tapi, pastikan driver yang kamu instal itu adalah driver terbaru, kompatibel, dan resmi. Terbaru, supaya update berupa peningkatan kualitas hardware bisa kamu rasakan. Yang biasanya rajin di-update adalah driver VGA card seperti nVIDIA dan AMD (dulunya ATI). Ikuti terus update-nya agar mendapat performa maksimal. Kompatibel, maksudnya sesuai dengan OS yang dipakai. Hati-hati, jika salah versi driver bisa berbahaya. Bisa saja sistem jadi crash. Maksud saya, jika kamu memakai OS Windows Vista atau 7, carilah driver yang khusus untuk versi Vista atau 7. Jangan memakai driver yang ditujukan untuk XP, karena jelas beda. Begitupun sebaliknya. Basis Vista dan 7 adalah Windows NT 6.x (6.0 untuk Vista, 6.1 untuk Win 7), beda dengan basis XP yang merupakan Windows NT 5.1.
Kedua, antivirus. Jangan mikiri instal game atau apapun sebelum instal yang satu ini. Ini vital banget, kenapa? Karena selanjutnya kita akan menginstal banyak hal, jadi perlu antivirus untuk men-scan file instalasi, supaya komputer yang baru diinstal ulang ga kena virus. Tips saya, cari antivirus yang terbaru, namun sesuai dengan kemampuan komputer kamu (sesuai specs) supaya ga memberatkan kerja komputer. Dan langsung update database virusnya. Oh ya, satu lagi, jangan sekali-kali hanya mengandalkan antivirus lokal sebagai satu-satunya antivirus pelindung komputer. Karena tetap saja mereka belum bisa mengimbangi atau menggantikan antivirus luar ternama seperti AVG, Norton, Avira, Kaspersky, dll.
AVG
Ketiga, pelengkap OS. Yang saya maksudkan di sini adalah .NET Framework, DirectX, JRE, dan Windows Installer. Memang keempatnya bukanlah aplikasi yang bisa kita pakai secara langsung seperti Microsoft Office, namun mereka adalah pelengkap, ibarat pemain di balik layar yang jika tidak ada maka tidak akan berjalan adegan utamanya. Aplikasi juga begitu, banyak yang membutuhkan mereka, jika tidak maka tidak dapat berjalan dengan baik. Well, pastikan setelah instal ulang kamu menginstal edisi terbaru dari keempatnya, karena percayalah aplikasi terkini banyak yang membutuhkan .NET Framework, Windows Installer dan JRE, sedangkan game terbaru pasti butuh DirectX terbaru juga. Sampai postingan ini keluar, versi terakhir dari .NET adalah 4, Windows Installer 4, dan JRE . Sedangkan DirectX 9.0c terbaru keluaran Juni 2010.
DirectX
Poskan Komentar