Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

07 Mei 2011

Opera Mini 6 untuk Java Phone

Well, sudah lama ga bicarain mobile.  Maklum, lagi sibuk dengan OS. Kali ini, akan saya postingkan mengenai  aplikasi yang ga asing lagi buat kita, yaitu Opera Mini. Aplikasi mobile ini sangat dapat diandalkan bagi pengguna HP yang hobi berkelana di dunia maya. Dan, aplikasi ini telah mencapai versi 6!

Yups, apa saja yang ada di versi terbaru ini? Yang saya cermati ada beberapa perubahan yang cukup berguna, apa aja itu? Pertama, dari segi tampilan. Kumpulan menu digabung dalam satu tempat, seperti gaya ribbon Microsoft Office 2010, namun dalam bentuk logo Opera. Jika logo Opera tersebut kita tekan/select, akan muncul menu lengkap yang sama dengan versi 5. Bedanya, ada menu tambahan “Share” yang berfungsi untuk membagikan apa yang kita jelajahi melalui Opera Mini 6 ke jejaring sosial semacam Facebook dan Twitter. Selain itu masih sama.
Perubahan kedua dalam hal tab. Jika dalam browsing, ada link yang akan kita buka dalam tab baru, maka Opera Mini 5 akan langsung mengalihkan tampilan utama ke tab yang baru dibuka tersebut. Ini cukup mengesalkan karena tab tersebut masih dalam status loading, dan jika masih ada yang mau kita lihat dari tab sebelumnya mesti berbalik. Di Opera Mini 6, aplikasi tidak akan memindahkan tampilan ke tab yang baru terbuka, jadi kita masih bisa menjelajah tab lama sambil menunggu tab baru selesai di-load.
Ketiga adalah dalam penyingkatan halaman. Ini sangat mengganggu sekali di Opera Mini 5. Maksud penyingkatan adalah penggabungan beberapa bagian situs yang ditandai dengan tanda tambah, yang jika dipilih akan membesar menunjukkan apa yang dipadatkan. Ibarat di Windows Explorer. Sayang, di Opera Mini 5 ga keliatan apa yang dipadatkan bahkan menutupi bagian situs yang di bawahnya. Di Opera Mini 6 hal ini tidak terjadi. Pengalaman browsing tetap hemat dan asyik karena bagian situs yang dipadatkan dapat dilihat dengan jelas dan tanpa menutupi bagian di bawahnya.
Well, ada satu yang belum memenuhi keinginan saya, yaitu menonton Youtube melalui Opera Mini. Sampai sekarang belum ada yang bisa tuh. Namun, browser pesaing, Bolt, sudah mampu mengakomodasi Youtube, padahal dijalankan di HP java biasa.
Bagi yang ingin merasakan fitur baru dan perbaikan di Opera Mini 6 setelah bosan memakai versi 5, silahkan upgrade. Jangan takut, segala setting, save page, history, bookmark, dll, ga akan hilang dan tetap tersimpan dan bisa dibaca dengan baik di versi 6.
So, apa lagi yang kamu tunggu? Segera update Opera Mini kamu!  

Posting Komentar