Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

07 November 2010

Must Have Softwares after Clean Installation of Windows : Part 1

Sekian lama tidak menyapa dunia maya dengan postingan, kali ini saya sempatkan berposting di tengah kesibukan sebagai siswa kelas 12 yang akan menempuh hidup baru selaku mahasiswa. Amin.
Pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan beberapa software yang harus ada di PC yang baru saja di-instal ulang, agar user bisa memanfaatkan PC-nya dengan baik dan benar. Bagi yang tidak baru saja clean installation, silahkan saja melengkapi jajaran software-nya.
Langsung saja, setelah instalasi selesai, silahkan instal semua driver yang diperlukan. Kalau tidak ada, silahkan hunting di jagat dunia maya. Ini harus dilaksanakan agar PC berjalan optimal. Bingung hardware mana saja yang belum dikenali? Silahkan cek lewat Device Manager. Caranya, klik kanan My Computer, lalu arahkan ke tab Device Manager. Silahkan cek satu per satu. Jika masih ada yang berlabel tanda tanya, itu artinya hardware belum dikenali sistem, jadi tidak bisa dipakai. Makanya, cari driver-nya. Double klik hardware tersebut, lalu arahkan ke tab Driver. Klik Update Driver, lalu pilih sumber driver (dari kamu atau mencari di internet). Tunggu sampai selesai.
Update driver
 Cek lagi. Jika semua sudah tidak ada tandanya lagi, maka semua hardware telah dikenali dengan baik oleh sistem, sehingga PC bisa bekerja optimal.
Dari Device Manager, bisa diketahui hardware yang belum ada driver-nya
Yang kedua, silahkan instal antivirus. Jangan instal yang lain dulu ya, ini penting. Ga mau kan harus instal ulang komputer hanya karena terserang virus? Sumpah ga enak. Makanya proteksi dulu PC kamu.
Masalah antivirus sih cuma masalah selera saja. Tapi, saran saya :
1.    Harus ada 1 antivirus.
2.    Tidak dibenarkan memakai 2 antivirus sekaligus.
3.    Jika ingin pasang 2, pilih kombinasi antara antivirus lokal dengan buatan luar. Jangan keduanya lokal atau luar.
4.    Dalam memilih, silahkan googling dulu. Baca kekurangan dan kelebihan masing-masing.
5.    Disarankan untuk memakai yang versi non-free atau yang berbayar, karena kualitas versi berbayar lebih bagus dan lebih lengkap. Lebih bagus lagi jika kamu memakai edisi internet security.
6.    Jangan sembarangan memilih, hati-hati akan bahaya antivirus palsu atau rogueware.
Sudah terinstal? Silahkan ikuti petunjuk selanjutnya :
1.    Rajin-rajin update antivirus.
2.    Pasang proteksi real-time demi keamanan yang maksimal.
3.    Selalu scan removable disc seperti HDD external, atau flash disk sebelum dipakai.
4.    Jika antivirus kamu menemukan adanya virus, dan file itu tidak begitu penting, silahkan hapus atau karantina saja. Kalau penting, silahkan coba di-recovery.
5.    Jika antivirus melarang kamu menjalankan suatu program, ikuti saja. Hanya jika benar-benar penting dan hanya cuma itu saja, baru kamu boleh matikan antivirus sementara agar program tadi bisa berjalan. Setelah itu, silahkan aktifkan lagi antivirus kamu.
Berikut ini beberapa antivirus yang saya sarankan :
Lokal
SmadAV
PC-MAV
Non-Lokal
Norton Internet Security
Kaspersky Internet Security
AVG Internet Security
Posting Komentar