Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

15 November 2010

Aplikasi Java untuk HP Kamu (Part 1)

Kamu punya HP? Ya iyalah, hari gini ga punya. Tau ga, HP itu sama kayak PC, jadi bias diinstal berbagai game atau aplikasi. Tapi tentu yang khusus untuk HP. Masak iya berharap bisa memainkan PES 2011 PC di HP? Bahkan HP dengan OS Windows Mobile saja ga bisa jalankan file EXE.

Agar bisa berjalan, dibuatlah suatu API (Application Program Interface) yang bernama Java. Java ini merupakan hak dagang Sun Microsystem Inc. Dengan adanya Java ini, kita bisa menjalankan aplikasi atau game. Tentunya yang berekstensi JAR (Java Archive Runtime).
Karena sebagian HP telah support Java, jadi ga ada salahnya saya berbagi aplikasi-aplikasi berguna untuk HP kamu. Sehingga HP kamu ga cuma buat itu-itu aja. Bisa melakukan pekerjaan PC juga. Apa saja itu?
Yang pertama adalah browser internet. Secara default, tiap HP telah dilengkapi dengan browser. Namun, karena pemakaian bergantung pada pulsa, dan browser bawaan sangat boros bandwidth yang ujung-ujungnya boros pulsa, makanya dibuat aplikasi browser yang bernama Opera Mini. Ga cuma ini saja sih, namun ini yang paling ngetop. Opera, sebagai penyedianya, telah menciptakan browser di segala device, mulai dari PC, HP, smartphone, dll. Kehebatan Opera bukan teori; sudah terbukti dapat mengompresi ukuran halaman web yan dibuka sampai 90 %. Pernah saya coba membuka situs game HP melalui browser default HP, lalu properties halaman menunjukkan angka 200 KB untuk ukuran halaman. Begitu saya buka dengan Opera Mini, hanya butuh bandwidth sebanyak 20-an MB saja. Ini bukan bualan lho, toh hampir 90 juta user telah membuktikan hal ini.
Versi terbaru adalah 5.1, namun hanya cocok untuk HP beresolusi besar. Jika HP kamu beresolusi kecil (128x160), lebih baik memakai versi yang lebih lama, 4.2.
Yang kedua, adalah kamus. Ini cocok buat kamu yang berkecimpung di dunia pendidikan, mulai dari siswa, mahasiswa, maupun pengajar. Memang, ada yang namanya Google Translate, namun bukankah yang offline lebih mudah diakses ketimbang yang online? Nah, ada satu aplikasi Java yang bernama PD English Indonesia. Aplikasi buatan TJ Mobile ini cukup besar untuk ukuran HP, yaitu 1,4 MB. Namun, dalam pemakaiannya, terasa ringan. Di HP lama saya, SE W200i, tidak ada yang namanya lag. Ukuran aplikasi besar karena database kata yang sangat banyak.
So, aplikasi ini bisa disebut must have bagi mereka yang berhubungan dengan bahasa Inggris namun malas membawa kamus yang berat.
Download Opera Mini 5.1
Download PD English Indonesia
Posting Komentar