Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

21 Desember 2010

Windows Secret : Iexpress, Simple Installer of Windows

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sebuah rahasia dari Windows, yaitu IExpress. Apa itu Iexpress? Iexpress adalah sebuah aplikasi hidden dari Windows yang berfungsi untuk membuat installer sederhana.
Pada dasarnya, Iexpress bekerja seperti program self-extraxtor yang berformat EXE. Salah satu aplikasi yang memakai cara self-extract adalah Microsoft Direct X Installer. Jika kita membuka file tersebut, maka kita akan ditanya dimana akan diletakkan file-file hasil ekstraksi.
Nah, kembali ke Iexpress, aplikasi ini jelas tidak ada di Start Menu Windows apapun, namun ada di Run. Cara bukanya, buka Run (Windows + R), lalu ketikkan iexpress. Maka akan muncul jendela baru seperti ini.
Ada dua pilihan di jendela awal, yaitu membuat proyek baru, atau membuka proyek lama. Jika kita belum pernah memakai Iexpress, pilih New saja.
Selanjutnya, ada 3 pilihan hasil akhir dari proyek, yaitu ekstrak saja, ekstak dan jalankan installer, atau buat dalam file cabinet (CAB). Silahkan pilih sesuai mau kamu.
Setelah itu, beri nama pada proyek kamu. Selanjutnya, isikan prompt atau sebaiknya dikosongkan.
Selanjutnya, kamu bisa sisipkan lisensi atau EULA seperti yang jamak kita lihat pada aplikasi lainnya. EULA tersebut dibuat dalam format TXT, lalu di-load.
Lalu, tambahkan file yang ingin dijadikan bagian dari proyek ini. Next jika sudah puas menambahkan file.
Selanjutnya, pilih bagaimana jendela installer muncul ketika proyek kamu dijalankan, apakah fullscreen, minimize, dll.
Next, dan selanjutnya kita bisa menambahkan pesan yang akan muncul begitu instalasi proyek kita selesai.
Setelah itu, tentukan nama dan dimana proyek kita akan disimpan. Lalu, ada pilihan untuk menyembunyikan progres instalasi dan menjaga nama panjang dari file yang ada di proyek tsb.
Step selanjutnya, kita diberi pilihan antara menyimpan proyek (dalam format SED), atau tidak.

Next, dan biarkan Iexpress bekerja.
Setelah proses selesai, coba jalankan installer kamu yang baru saja dibuat!

Posting Komentar