Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

23 Desember 2010

Aplikasi Java untuk HP Kamu (2) : Moby Explorer dan Centurion

Pada bagian ini, kita akan masuk ke bagian aplikasi yang berhubungan dengan produktifitas. Yang pertama adalah file explorer bernama Moby Explorer. Aplikasi buatan Bermin Software ini serupa dengan Windows Explorer di Windows.

Aplikasi ini adalah file explorer terbaik untuk HP dengan dukungan Java. Dari aplikasi ini kita bisa mendapat banyak fitur, antara lain dukungan FTP, fitur editing standar (copy, paste, cut, rename, delete, dll), dual-window view (memudahkan pindah-pindah file), enkripsi file, packing file (Gzip dan Gunzip), kemampuan membaca, mengedit, bahkan membuat file text (.TXT) baru, meng-hiddenkan file atau folder, bahkan bisa membuat halaman web langsung secara hex editor.
Keren ga tu? Sayangnya, aplikasi ini berbayar. Biayanya sekitar $ 15. Namun, bagi yang menginginkannya secara gratis, silahkan klik link di akhir posting.
Centurion

 Nah, satu kekurangan dari Moby Explorer, yaitu tidak mampu meng-unzip file ZIP atau RAR. Ada banyak aplikasi lainnya yang bisa, namun yang saya sarankan adalah Centurion. Aplikasi buatan Hylevich Petr ini mampu membuka dan mengekstrak file RAR dan ZIP dengan baik. Bahkan, bisa tahu sedikit tentang spesifikasi HP kita, yaitu tentang versi Java (MIDP dan CLDC), file system yang dipakai, dan RAM yang terpasang. Untuk HP saya (SE C510), tertera MIDP 2.1, CLDC 1.1, file system JSR-75, dan RAM 1 MB.
Centurion memiliki 3 aplikasi di dalamnya, yaitu Gladius (music player), Coliseum (image editor), dan Viso (video player). UI-nya gampang dimengerti, karena mirip dengan Windows Explorer, dan bisa di-customize sesuka hati. Yang bisa kita ubah adalah colour scheme, font type dan size. O ya, ngomong-ngomong ekstrak file, Centurion juga support format lain seperti TAR, BZ2, dan GZ (GZ bisa dibuat dan diekstrak dengan Moby Explorer).
Nah, beda keduanya, jika Moby berbayar, maka Centurion gratis.
Download Moby Explorer (Registered) di sini
Download Centurion di sini
Posting Komentar