Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

29 Desember 2010

Akhirnya HP Bisa Baca UFD!

Dahulu kala, saya pernah berpikir, apakah mungkin HP bisa membaca data yang terdapat di sebuah UFD atau flash disk, mengingat semakin lama perkembangan HP semakin menggila, menyerupai fungsi komputer. Ternyata, beberapa tahun kemudian, pertanyaan saya terjawab. Dengan OS terbaru, Symbian ^3, Nokia berhasil memunculkan sesuatu yang baru.
HP yang akan saya singgung adalah Nokia N8. Kenapa? Karena banyak hal spesial tentang HP ini. HP ini adalah HP pertama yang memakai OS Symbian ^3. Banyak yang menilai, HP ini adalah usaha terkeras Nokia dalam menyaingi iPhone 4G. Dilihat dari body, bisa dikatakan beda-beda tipis. Tapi secara fitur, you know lah.
Bukan itu yang akan dibahas di sini. Melainkan salah satu fitur unggulan Symbian ^3, yaitu USB on the Go. Nah, dengan adanya fitur tersebut, HP dengan OS Symbian ^3 bisa membaca perangkat lain yang dihubungkan dengan HP tersebut melalui port USB. Hebat bukan? Sudah sama dengan PC.
Apakah port-nya sama dengan yang di PC? Tentu tidak, karena akan boros tempat. Jadi, Nokia menyiasatinya dengan menyediakan kabel khusus, yang mampu mengonversikan port untuk kabel data menjadi port USB. Nah, dari kabel tersebut koneksi dimulai.
Dari hasil review yang saya baca di tabloid Pulsa, N8 mampu membaca hampir semua jenis device yang dihubungkan memalui port USB, baik itu flash disk, USB keyboard/mouse, bahkan HP lain. Salah satu tes yang dilakukan Pulsa adalah menghubungkan sebuah BlackBerry dengan N8 melalui fitur USB on the Go tadi. Dan hebatnya, data di BB bisa terbaca layaknya di PC.
Jadi, jika ingin mendengarkan lagu dari flash disk, copy data ke atau dari flash disk/gadget lain, bisa dilakukan tanpa perlu PC. Bahkan, bagi kamu yang malas touch-typing, bisa memakai keyboard asli, sama seperti PC biasa. Begitupun dengan mouse-nya.
Sejauh yang saya tahu, baru ada 3 varian HP dengan Symbian ^3, yaitu N8, E7 dan C8. Ada satu HP lagi, yaitu X3-02 Touch and Type yang memiliki fitur USB on the Go. Namun, karena merupakan HP S40 (bukan S60 seperti N8 atau C8), maka perangkat yang didukung dalam fitur tersebut terbatas.
Well, masalah pricing, 5 jutaan untuk N8 dirasa “cukup murah”, karena menyajikan OS baru, homescreen menyerupai Android (dengan widget yang mudah diatur), sokongan kamera 12 MP (terbesar untuk ukuran HP, bersama Sony Ericsson Satio), lensa Carl Zeiss, rekam video HD (720p), HDMI, and many more!
Posting Komentar