Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

22 September 2011

Turn Your Smartphone into E-Book Reader!

Wah..sudah lama saya tidak ngeblog lagi. Kesibukan di Fakultas Ilmu Komputer (atau CS nama  kerennya) Univ Indonesia membuat saya rada malas buat blogging. Namun, saya ingin share nih. Di fakultas kami, yang namanya sumber pelajaran luar biasa banyak dan beragam. Buku fisik bukanlah sesuatu yang utama. Nah ini berita bagus. Kenapa? Karena saya ga perlu buang duit buat beli buku setebal ribuan halaman itu yang harganya paling murah 200-an ribu gitu. Dan ada 3 buku yang dipakai. Jadi, ya 800-an ribu ga kemana kalau mau koleksi ketiganya. Namun, bagi yang ga minat bawa “beban” ke kampus, ada cara lain : ebook!
Ga tau kebetulan atau ga, di CS UI kami diberikan materi elektronik oleh kakak kelas angkatan 2010. Di samping itu, angkatan kami juga aktif mencari versi digital dari buku yang direkomendasikan dosen yang 3 buku tadi. Setelah mendapat semuanya, saya pikir ga ada gunanya beli yang fisik. Bagusan uangnya disimpan untuk beli tablet Android aja. (Amin, moga aja kesampaian). Alih-alih bawa buku berat-berat ke kampus, saya memilih untuk meng-copy materi digital ke HP saya (thanks God, it’s Android, and it’s 4 GB). Jadi, Android saya yang Sony Ericsson X8 itu saya pakai sebagai ebook reader. Pengganti buku fisik yang cukup baik. Saya masih bisa memakainya di kelas. Slide PowerPoint, e-book, dkk aman teratasi.
Big Java - untuk mata kuliah Dasar-Dasar Pemrograman
Calculus - Matkul Matematika Dasar
DMaIA - MatKul Matematika Diskret
Gimana caranya? Ya kalo belum dikasih apa-apa ya HP nya ga bisa  gitu juga. Ada setidaknya 2 aplikasi penting yang perlu diinstal di X8 agar menjadi ebook reader yang powerful. Pertama, tentu aja PDF reader yang bernama….Adobe Reader Mobile. Ini harus loh. Walau ada banyak PDF reader buat Android, tapi saya merasa begitu nyaman memakai ini, dan tidak ada masalah dengan pemakaian memory yang boros yang bisa membuat system Android kamu lambat. Mendukung fungsi auto-rotate, pinch to zoom, dll.
Nah yang kedua adalah aplikasi office suite. Saya memakai app yang bernama Documents To Go. App ini cukup powerful buat membaca segala file buatan Ms. Office, mulai dari docx., pptx, xlsx, atau versi 2003-nya. Baca PDF juga bisa walau ga sebaik Adobe Reader. Buat file baru juga ga masalah kalau udah registered version.
Oh ya, berhubung sebagian besar device Android ga dilengkapi file manager, untuk memudahkan kita membuka file yang kita simpan di microSD, maka saya sarankan app yang bernama AndroExplorer. Ini adalah fileman terbaik menurut saya. Banyak sih yang recommend Astro, tapi saya lebih nyama dengan AndroExplorer. Loading yang cepat, sehingga bisa gegas menjelajahi isi memory card. Fungsi dasar fileman ada kok. Bisa uninstall app juga, bisa ngecek sisa storage, dll.
Nah, dengan kombinasi ketiganya, kamu akan mendapatkan e-book reader dalam X8. Satu yang kurang adalah layarnya yang kecil, namun ya disyukuri aja. Mana tau ntar dapat rejeki buat beli tablet yang layarnya lebih gede. Hehehe.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Bukunya pada menyeramkan gitu ya kak (˘̩̩̩.˘̩ƪ)

Sebuah Blog mengatakan...

yah ga seseram yang kamu kira dek. kamu kan lebih pintar dari saya, masak liat gituan takut :D