Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

17 Oktober 2011

Virus ? Don’t be Panic!

Siapa yang suka computer nya kena virus? Siapa aja ga suka kecuali mereka yang suka pelajari virus. Emang sih, jengkel banget rasanya kalo si kompie atau flash disk ato apalah gitu yang kena virus. Mulai dari nyampah, sembunyikan data, sampai buat computer lemot, atau memaksa kita nonton blue screen. Bagi yang udah kena, ya mau ga mau harus di-scan sama antivirus. Tapi, jangan sembarangan antivirus. Banyak loh antivirus yang palsu. Mau hilangin virus, eh malah kena virus tambahan. Mau tau caranya?
Nah, kita bahas yang belum kena dulu ya. Jadi, supaya aman, kudu lakuin hal-hal ini. Yang pertama, install satu antivirus, jangan dua apalagi tiga. Don’t be mad, semakin banyak antivirus terpasang, semakin besar resiko kena virus. Nah loh? Analoginya gini. Antivirus itu ibarat satpam di rumah kamu. Suatu saat, ada suatu paket yang ditujukan kepada kamu si pemilik rumah. Kedua satpam berebutan paket untuk memeriksanya (maklum, mau cari muka). Satpam pertama bilang, paketnya ga aman, dan mau dibuang ke tempat sampah. Satpam kedua ga percaya, dan merebut paket itu dari seterunya. Lantas dia bergegas memberikan paket itu kepadamu. Karena kamu ga tau apa-apa tentang paket itu, kamu buka aja. Dan dor…paket itu isinya bom. Dan kamu yang kena efeknya.
Kejadian kedua, kamu dapat paket lagi. Karena ga mau kebobolan lagi, para satpam memeriksa lebih lama. Satpam kedua bilang ga berbahaya, tapi ketika diberikan ke kamu, kamu ga percaya (trauma gitu). Si satpam pertama coba cari muka. Dia bilang paketnya ga aman, lantas kamu berikan paket itu ke dia untuk dibuang. Setelah dibuang dan dihancurkan, saudara kamu menelpon menanyakan apakah paket yang dia kirim sudah kamu terima. Dan ternyata paket yang dimaksud sudah dibuang! Kalau isinya cuma hal yang ga penting, ga gitu pusing lah. Kalau isinya sertifikat tanah yang baru aja kamu beli gimana? Pusing kan?
Kalau kita pasang dua atau lebih antivirus, kita akan mengalami hal kayak di atas. Antivirus ibarat satpam yang menjaga rumah. Mereka akan men-scan file-file dari luar agar tidak merusak computer. Memasang banyak antivirus bukan hal bagus, karena alih-alih membuat aman, malah bisa merusak computer kamu. Kenapa?
Jadi, inti ceritanya gini. Kenapa ga disaranin pakai dua antivirus?
1.    Gaji dua satpam jelas lebih besar dari gaji seorang satpam. Satu antivirus aja udah memakai RAM dan 
       CPU yang cukup besar, apalagi kalau dua.
2.    Pemeriksaan oleh satu satpam saja bisa lama, apalagi kalau dua. Scanning file oleh antivirus juga begitu.
3.    Dua orang bisa beda pendapat walau pikiran mereka dinamis, apalagi cuma program yang pola
       pikirnya statis. False alarm wajar terjadi, ibarat satpam yang beda pendapat. Kamu sebagai pengguna
       jasa mereka yang bingung, mana yang bisa dipercaya. Antivirus juga gitu. Ketika flash disk di-scan oleh
       dua antivirus sekaligus, antivirus pertama mendeteksi file A sebagai virus, sedangkan di antivirus kedua
       menyatakan A bersih. Nah, mana yang mau kamu pilih? Apalagi kalau file A itu penting. Takutnya
       kayak kejadian bom dan paket berharga tadi.
Gimana, udah ngerti kenapa ga bagus dua antivirus? Lain waktu kita sambung dengan bahasan selanjutnya. 
Posting Komentar