Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

04 Oktober 2010

My New Phone : C510 Review

Well, akhirnya tercapai juga ingin saya untuk memiliki HP baru. Maklum, W200i saya sudah 3 tahun beroperasi. Pilihan pun jatuh pada Sony Ericsson C510. Dari SE ke SE. Kenapa?
Hanya ada SE di benak saya. Pengalaman berkata, bahwa dalam dunia Java, SE lebih bagus dari Nokia ataupun HP lainnya. Itu sudah menjadi pertimbangan pertama. Singkatnya :
1. SE memiliki kemampuan menjalankan aplikasi Java dengan baik, bahkan beberapa aplikasi sekali jalan. Nokia dengan S40-nya agak tersendat dalam menjalankan game-game Java berat.
2. SE support multi-tasking. Jadi, kita bisa browsing pakai Opera Mini, sambil chat pakai eBuddy, dan pantau status teman lewat Facebook for Sony Ericsson. Nokia S40 tidak bisa.
3. File instalasi Java bisa dari mana saja; download, kirim lewat Bluetooth, atau dipindahkan lewat kabel data. Samsung tidak, hanya bisa lewat download.
4. SE bisa mengatur resolusi untuk game Java, walau hanya untuk ukuran yang lebih kecil. Yang lain nihil.
Selain itu, dengan harga yang sama, HP SE lebih kaya fitur ketimbang kompetitor. Beberapa di antaranya adalah Photo/Music/Video DJ, Track ID, Media Player yang keren, support accelerometer, geo-tagging camera, Youtube service, dll. Singkatnya, rasio harga dan performa terbaik dimiliki Sony Ericsson.
Dengan range 1,2 jutaan, saya jatuh hati dengan C510. Beberapa kelebihannya adalah :
1. Camera
C510 memiliki 3.2 MP Cybershot camera with autofocus, flash, face detection, smile detection, and geotaging. Dengan begitu, berfoto ria dengan C510 cukup memuaskan. Di outdoor dengan limpahan cahaya matahari, gambar terlihat begitu jernih dan asli. Masalah hadir jika kurang cahaya. Flash kurang banyak membantu.
Kamera sendiri didukung dengan autofocus (dengan menekan setengah shutter), Smile Shutter (menangkap gambar jika ada objek yang tersenyum), face detection, dan geotagging (penambahan informasi geografis pada foto), bahkan menambahkan foto ke Google Maps.
Di bagian video, dengan ukuran 240x320, hasilnya cukup baik. Framerate mencapai 30 fps, yang berimbas ke ukuran file. Video 5 menit bisa memakan 40 MB.
Kamera sendiri dilindungi oleh slide-in lens cover berbahan metal.
2. Layar
Berdimensi 2.2’ dengan resolusi 240x320, layar ini terlihat begitu jernih dan jelas walau dengan kontras 50%. Tambahkan anti gores untuk melindungi layarnya.
3. Support Flash Lite 2.1
Dengan ini, C510 leluasa membuka file SWF, bahkan menjadikannya sebagai wallpaper atau screen saver.
4. Accelerometer.
Fitur favorit saya. Dengan ini, kita bisa main game di C510 tanpa menekan tuts-nya. Hanya dengan menggerakkan HP. Ada satu game racing bawaan yang memanfaatkan accelerometer. Bahkan, ada satu file SWF yang mendukung accelerometer. Jadi, perpaduan antara Flash Lite dan accelerometer. Great!
Ada juga aplikasi yang bernama Walkmate, dimana bisa menghitung jumlah langkah kaki kita.
5. Media Player.
Seperti media center di Windows 7. Ada 2 skin yang dapat diubah melalui tema HP. Ada efek dinamis di library. Fully support auto-rotate karena adanya accelerometer. Ubah posisi C510 menjadi landscape, dan media player akan menampilkan gambar/video/musik dalam posisi landscape juga.
Untuk music player, sudah mendukung album art, stereo widening, Mega Bass. Suara dari speaker bagus, walau di-set maksimal tidak pecah sama sekali. Dengan headset, bass lebih terasa. Kualitasnya secara keseluruhan setara dengan Walkman 3.0.
Untuk gambar, tersedia opsi Send to Facebook, view on map (melalui Google Maps), slide show dengan berbagai setting sesuai suasana, atau editing via Photo DJ.
Untuk video, ada opsi Send to Youtube, penyesuaian orientasi sesuai posisi HP. Jika kita pegang HP secara landscape, maka video juga akan dimainkan dalam mode landscape. Ada juga editing via Video DJ.
Di sini juga dapat mengorganisir game dan RSS.
6. Facebook for Sony Ericsson.
Client FB untuk SE. Setara dengan yang ada di Blackberry, dengan dukungan yang lengkap. Ada dua mode, yaitu Basic dan Advanced. Bisa dijalankan di wallpaper, jadi bisa update status dan melihat status hanya dari wallpapaer.
7. Koneksi USB
Selain sebagai mass storage dan penghubung komputer ke internet melalui C510 sebagai modem, C510 juga bisa memanfaatkan koneksi yang ada di komputer untuk berinternetan di HP! Jadi, bukan hanya komputer saja, C510 juga bisa. Jadi tetap bisa wifi-an di C510, asal ada kabel data dan komputer.
Sekian aja review dari C510. Pokoknya, saya puas. 8/10.
Silahkan berbagi pengalaman tentang C510, atau memberi kritik.

Posting Komentar