Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

14 Oktober 2010

Tips Download yang Kencang, Lancar, dan Aman

Seiring dengan makin banyaknya user internet, peningkatan kualitas dan kuantitas internet terus terlihat di Indonesia. Terlebih di kecepatan akses. Dahulu yang hanya 10 KB/s (sudah kencang tuh), sekarang mencapai > 250 KB/s. Dengan peningkatan seperti ini, mubazir kalau internet cuma buat FB-an, twitter-an atau apalah itu. Bagusan buat download.

Bagi yang masih awam, ini ada beberapa tips buat download yang kencang, lancar dan aman.
1.    Pilih layanan internet yang pas
Ini dasarnya. Mau bagaimanapun, kalau koneksi internetnya lelet sama saja bohong. Pilih dengan bijak. Biasanya operator dengan paket kuota menawarkan speed yang lebih kencang daripada yang paket waktu. Pastikan juga ISP kamu memiliki coverage 3G/HSDPA/HSUPA yang baik dengan sinyal yang stabil.
2.    Pasang download accelerator
Nah ini dia. Instal IDM atau aplikasi lainnya agar download optimal. Terbukti, IDM bisa menaikkan speed download hingga 4x.
3.    Pilih lokasi download yang dekat
Ketika memilih file yang akan di-download, perhatikan alamatnya atau server-nya. Semakin dekat server-nya, semakin cepat download-nya. Dalam hal ini, saya rekomendasikan untuk mencari di Indowebster dulu, karena server-nya lokal.
Server lain, juga menawarkan download yang kencang. Namun, itu hanya untuk sites yang sudah terkenal, seperti Microsoft, AVG, Softpedia, dan FileHippo.
4.    Pilih waktu download yang tepat
Idealnya, download itu dilakukan pada saat pengguna internet sedang sedikit. Misalnya pada saat larut malam. Dengan begitu, ISP akan lebih maksimal melayani kamu ketimbang di waktu padat akses seperti siang atau sore.
5.    Pasang antivirus yang dilengkapi scanner link
Ini penting, agar setiap link aman untuk di-klik. Kita tau, virus dkk bisa masuk dari mana aja. Dari situs XXX, situs torrent, situs penyedia program gratis/ crack / serial number / keygen, dll. Jadi, buat antisipasi, pasang aja antivirus yang bisa melindungi dari hal-hal jahat di belantara dunia maya.
6.    Manfaatkan search engine Google
Bingung mencari file yang mau di-download? Misal nih, biasa download  di Indowebster, eh tapi karena lagi sial, file-nya ga ada. Bingung mau cari dimana? Pakai Google. Ketikkan nama file-nya, kalau perlu tambahkan nama server-nya, misalnya Mediafire, Rapidshare, dll. Dari hasil yang muncul, kudu teliti. Perhatikan dulu sekilas isinya (teks warna putih), lalu lihat alamatnya (warna hijau). Biasa kalau dari situs terkenal aman (bebas virus dkk), namun buat aplikasi berbayar hanya ada trial-nya saja. Jika kamu lihat situsnya ada torrent-torrent-nya, ya dalam bentuk torrent-lah itu. Kalau dalam bentuk blogware (seperti Blogger, Wordpress), biasanya disediakan crack / keygen / dll.
7.    Practice makes perfect!
Silahkan coba secepatnya! Kalau awal-awalnya kurang beruntung, ya tetap berusaha. Hehehe. Silahkan komen di bawah ya.
NB : Dibuat berdasarkan pengalaman; karena saya adalah downloader sejati. (Mungkin ada + 20 GB yang saya download. Hehehe)
Posting Komentar