Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

31 Desember 2012

Kaleidoskop Game – Bagian 1 : 2012 adalah Tahunnya ‘3’

Ga terasa, kita sudah berada di hari terakhir dari tahun yang dituduh sebagai tahun kiamat (oleh mereka yang ga percaya Tuhan). Biasa, di akhir tahun akan ada yang namanya kaleidoskop. Nah, saya juga ga mau kalah, pengen kasih kaleidoskop sebagai rangkuman apa yang terjadi setahun ini, tentunya dari segi IT aja.
Di bagian pertama ini, saya ingin fokus ke dunia game PC. Ya sejak saya memiliki laptop “gaming”, saya jadi kenal cukup dekat dengan dunia gaming PC. Jadi nih ceritanya, selama 2012, ada beberapa game besar yang dirilis. Dan uniknya, kebanyakan membawa angka ‘3’ di judulnya.

Yang pertama, duo FPS yang dirilis EA dan Activision, yaitu Battlefield 3 dan COD : MW 3. Keduanya sempat booming di kuarter pertama dan kedua 2012. Temanya masih sama, melanjutkan seri sebelumnya. BF 3 diperkuat Frostbite 2, membuat tampilan makin gres. MW 3 juga memiliki tampilan yang bagus, dan merupakan seri penutup dari serial Modern Warfare. Keduanya berhasil saya tamati. Hehehe.
Hanya ini SS yang saya simpan sebagai kenangan BF 3, sedangkan MW 3 dan ME 3 tidak ada -_-
Ga hanya BF3, EA juga merilis Mass Effect 3. Game bertipe RPG ini memiliki keunggulan di cerita, dan decision making yang efeknya cukup signifikan. Endingnya saja kalo ga salah ada 8 kemungkinan. Game ini melanjutkan cerita ME dan ME 2. Sayang, saya hanya memainkan seri ketiga, dan tamat.

Dan pecinta Assasins Creed pasti senang di tahun ini. Maklum saja, setelah menunggu 3 tahun lamanya, Ubisoft merilis Assasins Creed 3, yang menurut saya, berbeda dengan seri Assasins Creed sebelumnya. Selain sama-sama menampilkan tokoh utama berupa assasin, game ini berbeda dengan edisi sebelumnya. Ceritanya tentang native Amerika yang jadi assasin. Hebatnya, di game ini kita bisa mengendalikan kapal. Ini baru ada di AC 3 lho. Selain itu, kita bisa bernavigasi di antara ranting-ranting pohon, dan metode combat yang diperbarui. Di sini, kamu ga harus jadi assasin yang kalem yang hobinya stealth kill. Mau ngajak ribut satu kompi pasukan juga ga masalah selama kuat. Side quest-nya juga banyak. Ada hewan yang bisa diburu dan disayang. Kucing contohnya. Kadang si kucing mengeluskan badannya ke pemain, dan ada suara meong-nya. Hehe. Dan game ini juga sudah saya tamati. Sayang, di akhir ga ada decision making untuk si Desmond -_-
Scene awal
Bisa menyayangi hewan yang jinak :D
Misi yang memakai Desmond tergolong ekstrem
Tokoh sejarah seperti George Washington dan  Benjamin Franklin (kaca mata)
Dua tokoh utama yang kamu mainkan, ayah anak, yang sayangnya si ayah pentolan Templar -_-
Terpaksa si Connor membunuh ayahnya sendiri
Ceritanya AC 3 sebenarnya tentang menyelamatkan Bumi dari isu kiamat 2012 -_-
Ubisoft juga merilis Far Cry 3. Sama seperti AC 3, FC 3 ga ada hubungannya dengan FC 2 atau FC 1. Totally new. Dan top bener ini game. Mengambil tema open-world FPS, dan setting-an daerah tropis dengan hutan yang liar. Liar karena banyak banget hewan buas bertebaran, mulai dari buaya di sungai, hiu di laut, dan macan, harimau, komodo, anjing liar, babi liar, serta beruang di hutan. Hewan lain juga ada. Ular, kura-kura, kasuari, monyet, ayam, babi, rusa, kambing, kepiting, tapir, dll. Senjata juga beragam. Tapi, supaya bisa bawa uang, senjata, atau peluru yang banyak, harus di-craft istilahnya, dengan memakai kulit hewan-hewan di atas. Selain misi utama yang tergolong pendek, ada banyak side quest dan merebut outpost dan tower. Di sini keindahan daerah tropis benar-benar tergambar indah. Saya juga sudah menamati game ini. Dan, beberapa dialog di game ini ada yang memakai istilah Indonesia (Melayu tepatnya), seperti “Selamat tengah hari”!
Kura-kura Galapagosnya malu-malu -_-
Di game ini, kalo ga ngebunuh komodo ya bisa terbunuh
Yang suka bikin shock...lagi berenang di sungai eh digigit buaya -_-
Ada misi "ilusi"-nya loh
Ini juga bagian dari misi "ilusi"
Di game ini, ada bangunan bawah tanah yang dibilang peninggalan Zheng Ho
Hewan buas harus dibunuh on sight!
Ini pacarnya si tokoh utama. Ending-nya masak ada pilihan ngebunuh pacar sama teman-teman si tokoh utama -_-
Credit scene
Yeah...
Dan yang terakhir saya ingat, Max Payne 3. Ini di semester pertama 2012. Benar-benar di-remake Rockstar game ini. Kualitas tampilan berubah 180 derajat dari seri keduanya. Pertarungan tembak-tembakannya brutal, dan masih ada gaya shooting khas MP. Game ini ga kenal regenerasi Health, jadi harus hemat nyawa. Hehehe. Ceritanya bersetting di Brazil. Kekumuhan perkampungan di sana tergambar epik di game ini. Sayang, saya ga berhasil menamatkan game ini karena gagal melulu di misi terakhir bagian terakhir, yang saya anggap itu bug dari game -_-
Scene awal
Tampilan main menu
Misi awal - masih berambut -_-
Mati deh -_-
Untung ga jadi ditembak hehehe
Sepak bola sudah mainstream di Brazil
I found gold!
Menyerah untuk menyerang!
Sesaat sebelum...
Golden gun! Yeah!
Signature jump Max Payne :D
Seingat saya hanya 6 game itu yang berakhiran ‘3’. Namun, ada juga yang baru di seri kedua namun ga kalah serunya dengan yang berakhiran ‘3’. Nantikan di bagian kedua!
Posting Komentar