Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

15 Januari 2012

Best Android Game for Table in 2011


Well, tahun 2011 telah berganti dengan 2012. Ga enak rasanya kalo lewat gitu aja. Makanya, ane ingin ngasih award buat game-game tablet Android, khususnya yang HD maupun THD.
Sebelumnya ane jelasi dulu beda HD dan THD. HD adalah game high definition, memberikan pengalaman game yang bagus. Detailnya tergolong bagus untuk ukuran mobile game. THD juga sama sih, bedanya hanya di T saja, yang menandakan game tersebut eksklusif buat Tegra 2. Jadi, kalo mau mainin game THD, harus di tablet atau ponsel yang ditenagai SoC nVIDIA Tegra 2.Kalo ga, ya cari versi mod nya.
OK, langsung aja ane sebutin award-award nya ni : (FYI, ini semua murni ide ane. Ane ga ada melihat referensi dari situs manapun. Jadi, penilaian murni dari ane, berhubung sudah banyak game yang sudah ane mainkan.)
1. Best HD Game
2. Best THD Game
3. Best Casual Game
4. Best Sport Game
5. Best Racing Game
6. Best Logic Game
7. Best Shooter Game
8. Best Strategy Game
8. Best Adventure Game
9. Best Open-sand Game
10. Best 3rd Person Game
11. Best Game for All Ages
12. Best Console-Quality Game
13. Best HD Game
14. Best THD Game
15. Best Porting Game
16. Best Hotseat Game
 Well, supaya kamu pada yakin, yang saya nilai bukan game sembarang loh. Ini dia list game-game nya :
1. 9mm HD
2. The Adventure of Tintin HD
3. Backstab HD
4. Great Battle : Medieval THD
5. Sprinkle THD
6. Riptide THD
7. Spiderman HD
8. Modern Combat 2 HD
9. Dungeon Hunter 2 HD
10. NOVA 2 HD
11. GTA 3
12. Asphalt 6 HD
13. NFS Shift HD
14. NFS Hot Pursuit
15. Plant vs Zombies THD
16. Pinball THD
17. PES 2012
18. FIFA 12
19. Zen Pinball THD
20. Siegecraft THD
21. Let's Golf HD
22. Let's Golf 3 HD
23. Bug Village HD
24. Cut the Rope
25. Where's My Water
26. Backbreaker THD
27. NFL Rivals
28. Hero of Sparta HD
29. Fruit Ninja THD
30. Trainz THD
31. Fruit Ninja Puss in Boot
32. Airport Mania
33. My Country
34. Virtual Table Tennis 3D
35. Angry Birds Seasons
36. Shadowgun HD
37. Doodle Physics
38. Glow Hockey 2
39. Tank Hero
40. Spot the Different 3D
41. Greed Corp HD
42. MorphChess
43. Galaxy on Fire 2 THD
44. Bang Bang Racer THD
45. Samurai II : Vengeance
46. My Paper Plane 2
47. Guerilla Bob THD
48. Banzai
49. Modern Combat 3 : Fallen Nation
Gimana? Banyak kan? OK kita masuk ke nominasinya aja.
1. Best Casual Game
Award ini untuk game simple tapi bisa dimainkan berjam-jam tanpa bosan.
Nominasinya adalah Plants vs Zombies THD, Where's My Water dan Fruit Ninja THD.
Pemenangnya adalah Plants vs Zombies THD! Game ini memberikan pengalaman yang sama dengan di PC, bedanya tampilannya jauh lebih bagus! Bermain di tablet 10 inch, game akan ditampilkan dengan resolusi 1280 x 720. Bandingkan dengan PC yang hanya 800 x 600. 

2. Best Sport Game
Award ini untuk game bergenre sport yang memiliki grafis maksimal dan menghibur.
Nominasinya FIFA 12, NFL Rivals, dan Let's Golf 3 HD.
Pemenangnya adalah FIFA 12! Dengan tampilan seperti konsol (tepatnya PS2), ini adalah game sepakbola terbaik untuk Android. Mengadopsi gameplay yang sama dengan game versi konsol, FIFA 12 membuat kamu beta menghabiskan waktu bermain bola di tablet! (FYI, game ini porting-an dari Xperia Play, jadi logo klub dan liga ga muncul. Maret 2012, rumor yang beredar EA akan merilis FIFA 12 versi tablet yang sesungguhnya)
Tampilan menu utama FIFA 12
Di akhir pertandingan (ini rekor penalti yang pernah saya buat)
Daily Challenge - hanya bisa dimainkan sekali sehari
Seperti di PC, FIFA 12 versi Android juga mengenal handball
3. Best Racing Game
Award untuk game racing paling gres, baik tampilan, mode permainan, maupun koleksi mobilnya.
Nominasinya adalah NFS Hot Pursuit, Asphalt 6 HD, dan Riptide THD.
Pemenangnya adalah NFS Hot Pursuit! Game ini menawarkan dua sisi yang saling bertolak belakang, polisi atau pembalap liar. Didukung dengan belasan mobil sport, dan tampilan yang mulus, game ini benar-benar addicted, terutama karena kontrol via accelerometer yang mantap! 

4. Best Logic Game
Award untuk game brain teaser, memiliki banyak level dan bisa dimainkan berjam-jam tanpa bosan.
Nominasinya Where's My Water, Cut the Rope, dan Doodle Physics.
Pemenangnya adalah Where's My Water! Game tentang buaya yang pengen mandi ini benar-benar menguras otak kamu. Bagaimana mungkin, di game ini kamu harus cermat mengubah air menjadi racun atau uap untuk menyelesaikan level. Ada juga hidden item untuk memainkan level bonus. Addicted!
Tampilan awal (hanya bisa portrait)
Tampilan gameplay
Bonus level yang bisa diakses setelah mengumpulkan hidden item
5. Best Shooter Game
Award untuk segala jenis shooter, baik FPS maupun 3rd person shooter. Bergantung pada grafis, level, tingkat menghibur dan variasi dalam game (seperti mini games).
Nominasinya adalah Shadowgun HD, 9mm HD, dan Modern Combat 3.
Pemenangnya adalah Modern Combat 3! Game dengan tampilan grafis yang begitu memanjakan mata, efek suara yang mantap, dan environment yang beragam membuat game ini pantas menjadi game shooter terbaik.
Tampilan awal
Menawarkan dua mode permainan

Pause menu
Cerita fiksi yang apik namun penuh sentimen politik

Misi paling membosankan, melindungi kawan dari helikopter
Ada aksi interaktif yang harus cepat dikerjakan
Jika sukses...

Jika gagal...
 6. Best Strategy Game
Award buat game strategi, mudah dimainkan, memberikan tingkatan kesulitan yang bervariasi, dan grafis yang bagus.
Nominasinya adalah Plants vs Zombies THD, Great Battle : Medieval THD, dan Greed Corp HD.
Pemenangnya adalah Plants vs Zombies THD! Game ini sama dengan versi PC, jadi tentu mudah dimainkan. Dan juga semua fiturnya muncul secara bertahap, sehingga user ga disesaki berbagai fitur di saat baru memulai. Maksud ane ya kayak Almanac, Shop, dan Garden yang muncul seiring dengan progres.
7. Best Adventure Game
Award buat game petualang yang memberikan pengalaman bermain yang lama, menghibur, menantang, dan yang pasti grafis yang mantap!
Nominasinya adalah The Adventure of Tintin HD, Backstab HD, dan GTA 3.
Pemenangnya adalah The Adventure of Tintin HD! Game yang bercerita tentang Tintin yang mencari harta karun. Storyline-nya sama dengan filmnya, memainkan game-nya sama seperti menonton filmnya. Gameplay yang beragam, didukung dengan suara asli karakter, dan berbagai lingkungan seperti rumah Sakharine, kapal, padang pasir, belakang panggung, benteng, dan mengendarai kenderaan seperti pesawat yang melewati badai (sumpah, awannya keliatan nyata), atau pun mengendarai unta.
8. Best Open-sand Game
Award buat game yang memberi kita keleluasaan menjelajah lingkungan sekitar, tanpa harus terikat pada misi. Biasanya menyediakan mini games, lingkungan yang luas, dan penjual barang atau jasa.
Nominasinya adalah GTA 3 dan Backstab HD.
Pemenangnya adalah GTA 3! Game ini memberi pengalaman yang sama dengan versi PC, bahkan Rockstar memolesnya sehingga memiliki tampilan gambar melebihi versi konsolnya. Sayang, belum ada cheat dan mod. Tapi, ane yakin ke depannya akan keluar.
Tampilan menu saat pause

Yap...view 3rd player. Sama dengan di PC
Scene misi
Stunt drive juga ada
10. Best 3rd Person Game
Award untuk game dengan tampilan 3rd person, memberikan pengalaman gaming dengan grafis mantap, dan kontrol yang intuitif.
Nominasinya adalah GTA 3, Shadowgun HD, dan The Adventure of Tintin HD.
Pilihan yang sulit. Ketiganya sama baiknya. Pemenangnya adalah ketiganya! (hahaha ane bingung, semua sama bagusnya).
11. Best FPS Game
Award untuk game yang memberikan pengalaman FPS di tablet!
Nominasinya adalah Modern Combat 2, NOVA 2, dan Modern Combat 3.
Pemenangnya adalah Modern Combat 3. No comment buat game satu ini. Besar data 1,6 GB dibayar lunas dengan pengalaman gaming yang maksimal.
11. Best Game for All Ages
Award untuk game yang cocok dimainkan oleh semua umur. Unsur fun dan tampilan yang simple namun indah, gameplay menarik, pokoknya cocok untuk segala umur.
Nominasinya adalah Sprinkle THD, The Adventure of Tintin HD dan Angry Birds Seasons.
Hmm...pemenangnya adalah Sprinkle THD! Yups...game ini benar-benar memiliki kualitas visual yang bagus. Percikan airnya terasa begitu nyata. Tidak ada violence sedikitpun, karakter yang imut-imut, namun tetap menantang!
Tampilan utama
Gameplay
Jika misi sukses
Jika misi gagal
12. Best Console-Quality Game
Award untuk game yang memiliki kualitas sekelas game console. Game-game seperti ini nantinya diharapkan semakin banyak untuk tablet. Yai!
Nominasinya adalah Shadowgun HD, GTA 3, FIFA 12 dan Modern Combat 3.
Pemenangnya adalah GTA 3! Ga perlu banyak penjelasan, cukup mainkan dan kamu akan merasakan permainan berjam-jam ala GTA di tablet kamu!
13. Best HD Game
Award ini adalah award tertinggi (asek...), diberikan khusus untuk game HD. Penilaian berdasarkan gameplay yang menghibur, tampilan yang yahud, dan kontrol yang mudah (intuitif). Ya, jadi tiga itu aja cukup, bisa membuat user bermain berjam-jam, memanjakan mata, dan kontrol yang mudah. Yang ketiga ini rada susah, maksudnya hanya sedikit yang benar-benar memberi kontrol semudah bermain dengan kontroler.
Nominasinya adalah Shadowgun HD, The Adventure of Tintin HD, FIFA 12, GTA 3, dan Modern Combat 3.
Pemenangnya adalah Shadowgun HD! Kualitas gambar, kontrol yang intuitif, dan cerita yang menarik, membuat game ini layak mendapatkan award "The Best HD Game".
Gameplay Shadowgun (kebetulan level terakhir, melawan bos)
Take cover!

Jika mati...
Trivia dari game
14. Best THD Game
Sama dengan HD, namun ini khusus untuk game-game berlabel THD. Masalah grafis tidak perlu diragukan lagi, namun tetap menjadi penilaian. Game yang mendapat award ini adalah game dengan grafis mendekati nyata, mudah dimengerti, dan kontrol yang intuitif.
Nominasinya adalah Riptide THD, Sprinkle THD, dan Galaxy of Fire THD.
Ketiganya hampir berimbang, namun saya memberi award ini untuk Riptide THD! Game balap ini mengambil setting di air, dan merender air dengan baik. Kontrol accelerometernya juga mudah. Bahkan versi Tegra 3 nya semakin real!
Tampilan awal
Gameplay

Cipratan dan tenggelam
Jumping dan beraksi untuk mendapat booster

Gameplay
15. Best Porting Game
Ups...hampir lupa. Ini hampir lupa. Award untuk game yang diporting (dikonversikan) dari versi konsol / PC ke tablet, sepenuhnya sama tanpa ada pengurangan sedikitpun. Yang berbeda ya hanya kontrol saja.
Nominasinya adalah GTA 3, Plants vs Zombies THD, dan Airport Mania.
Pemenangnya sudah pasti GTA 3! Game yang menjadi batu loncatan GTA di PC (dari tampilan bird eye GTA dan GTA 2) ke lingkungan 3D (mulai dari GTA 3 ke atas). Semoga game ini menjadi batu loncatan juga terhadap game-game PC atau konsol yang akan diporting ke versi tablet! Semoga.
16. Best Hotseat Game
Janji...ini yang terakhir. Award untuk game yang menyediakan mode hotseat untuk multiplayer, yaps bukan multiplayer dengan dua perangkat. Satu lebih bagus dari dua bukan?
Nominasinya adalah Fruit Ninja THD, Glow Hockey 2, Let's Golf HD, Let's Golf 3 HD, Zen Pinball THD, Pinball THD, Siegecraft THD, dan Greed Corp HD.
Pemenangnyaadalah Fruit Ninja THD! Kamu bisa main Fruit Ninja berdua! Serius. Hanya ada di versi THD. Berlomba dengan teman untuk mendapatkan skor tertinggi, atau memainkan mode last man standing (eh cutting maksudnya)...di satu tablet yang sama!
Pilih mode multiplayer

Cut the fruits!
Yup...itulah tadi award tahun 2011 untuk game-game tablet. Sebenarnya sebagian game di atas ada versi smartphone, tapi ya sekali lagi pengalaman gaming Android yang sempurna akan kamu rasakan di tablet, apalagi di Tegra 2! FYI, semua game sudah ane mainkan minimal beberapa jam, jadi bisa ane beri penilaian. Dan penilaian mutlak dari ane dan subjektif. Ane hanya berbagi pengalaman. Mana tau kamu punya tablet Tegra 2 tapi bingung mau ngapain atau taunya cuma pesbukan (aduh...mubazir banget tablet Tegra 2 cumua buat pesbukan). Dan semua game dinyatakan BERJALAN MULUS di my fav tablet, Acer Iconia A500 16 GB, dengan OS Honeycomb 3.0.1 (no root) dan OS Honeycomb 3.2 (pre-rooted).
Credits to acer-a500.ru dan official lounge of Iconia A500 di Kaskus untuk info tentang download game-game tersebut.
Posting Komentar