Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

26 Juli 2011

Tips Memilih Tablet (2) : Tablet Android Idaman

Setelah di bagian pertama dibahas mengenai tablet secara umum, di sini akan dibahas mengenai tablet ber-OS Android. Tablet jeni s ini sangat banyak di pasaran. Ini menjadikan Android sebagai OS yang kedudukannya sejajar dengan Windows, yaitu satu OS namun dipasarkan oleh berbagai vendor. Bicara tablet, kita ga bisa lepas dari spesifikasinya. Supaya ga salah pilih tablet, ga ada salahnya baca yang satu ini. (Walau saya belum punya tablet, bukan berarti ide ini copas ya)
Ok, yang pertama tentu saja merk. Jika kamu pecinta merk, langsung tujukan pilihan ke merk global seperti Samsung, HTC, Toshiba, Acer, atau Sony. Semuanya merupakan merk terkenal yang menjamin kualitas hardware-nya. Saying, harga yang dibanderol relative lebih mahal. Namun, berbeda dengan laptop, perbandingan harga dan performa tablet ber-merk cukup baik. Sekali lagi, jika merk ga penting, buka mata buat merk local. Mereka menawarkan spesifikasi yang lumayan dengan harga terjangkau.
Yang kedua, dapur pacu atau prosesor. Berhubung Android adalah OS, tablet diharuskan memiliki prosesor yang mumpuni. Lihat aja, perangkat Android apapun pasti prosesor-nya berkecepatan 500 MHz ke atas. Nah, kalo pengen tablet yang gegas dalam segala hal, pilih prosesor yang mantap. Sekarang, lagi booming prosesor dual core. Pembuatnya adalah nVIDIA dengan Tegra 2 (jaminan buat gaming + full HD video playing), dan Texas Instrumental (TI) dengan TI OMAP. Tegra 2 menawarkan prosesor ARM Cortex A9 dual core @ 1 GHz digabung dengan grafis GeForce, dan dipakai oleh tablet kelas atas seperti Samsung Galaxy Tab 2 dan Acer Iconia Tab A500. Tapi, merk local juga ada yang pakai Tegra 2 lho. Tablet itu bernama Zyrex OnePad SP1110. Sedangkan TI OMAP dipakai oleh tablet buatan Archos, dengan speed 2 x 1,5 GHz (50% lebih kencang dari Tegra 2). Tapi, produk ini baru tersedia September nanti (sabar ya).
Samsung Galaxy Tab 2
Acer Iconia Tab A500

Zyrex OnePad
nVIDIA Tegra 2, otak 3 tablet di atas

Archos G9, tablet dengan prosesor TI OMAP 4
Chip prosesor TI OMAP 4
Sayangnya, tablet dual core masih mahal. Zyrex aja yang merk local membanderol tablet OnePad dengan harga 4 juta. Jika prosesor kamu anggap penting namun ingin yang murah, Tabulet Troy dan Archos Android Tablet 70-8GB boleh kamu lirik. Dengan harga 2,3 juta, Troy menawarkan prosesor Cortex A9 single core. Archos sendiri menawarkan tablet dengan core speed 1 GHz, dan dengan banderol 2,8 juta (lebih mahal dari Troy) kamu bisa menikmati layar yang lebih terang dan multitouch. Atau, jika prosesor ga penting buat kamu, banyak banget pilihan kamu. Tablet kelas bawah rata-rata memakai prosesor 600 MHz (cukup buat browsing, video standar, dan game standar). Saya rekomendasikan Tabulet Mech (2 juta, 720 MHz processor), dan Advan Vandroid (2,5 juta, 600 MHz, 3,5G).
Tabulet Troy, CPU bagus tapi layar resistif
Archos 70 Internet Tablet

Tabulet Mech
 
Advan Vandroid
Selanjutnya kita ke RAM. RAM penting banget buat kelancaran aktivitas tablet. Ram yang besar berarti kinerja yang gegas. RAM dan prosesor itu ibarat dua sejoli. Prosesor dimisalkan kenderaan, sedangkan RAM jalannya. Jika ingin berpindah dengan cepat, dibutuhkan kenderaan yang cepat dan jalan yang lebar, jadi kalau banyak yang pakai jalan, tetap bisa ngebut. Nah begitu juga dengan prosesor dan RAM. Jika ingin menjalankan aplikasi dengan gegas, dibutuhkan prosesor dengan speed yang aduhai, ditambah RAM yang besar. Saya rekomendasikan RAM minimal 512 MB, karena Android itu sama dengan Windows : banyak app berjalan d background. Jadi, kalo RAM-nya kecil, aplikasi utama ga akan tampil maksimal, karena RAM udah terpakai sebagian.
Udah dulu ah…selanjutnya akan saya bahas di bagian ketiga. Silahkan berkomentar! :)
Posting Komentar