Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

11 Agustus 2012

Game sebagai Perekat Keluarga – Part 2 : Splitscreen Games


Well, di saat liburan saya akui memang sangat sulit sekali untuk rajin. Godaan untuk main game begitu besar, membuat saya malas menulis, padahal sudah banyak sekali ide yang menggumpal di otak. Yaudah lah, ga guna juga curcol ga jelas, langsung aja kita masuk ke inti pembicaraan. Sesuai yang saya janjikan di artikel sebelumnya, kali ini akan dibahas tentang game splitscreen.

Game semacam ini sangat tepat untuk dimainkan ketika liburan, ketika banyak anggota keluarga yang berada di rumah. Daripada pada sibuk sendiri, mending lemparkan game ke keluarga, biar semuanya pada ngumpul karena fokus pada satu layar.

Jenis game splitscreen sih biasanya ber-genre racing. Biasa dapat dimainkan mulai 2 sampai 4 orang. Dan untuk memaikan game seperti ini, dibutuhkan minimal satu kontroler tambahan. Jadi, player satu pakai keyboard, pemain dua pakai kontroler. Lebih maknyus kalau semuanya pake joystik. Joystik yang abal-abal (yang banyak di pinggir jalan) bisa kok.

Supaya mudah untuk perbandingan, tiap game akan saya buat spec a la saya. Di dalamnya terdapat beberapa komponen penilaian. Max player merupakan jumlah pemain maksimal, SS type merupakan bagaimana layar akan dibagi untuk pemain, apakah dibagi secara vertikal (pemain satu di layar bagian kiri, pemain dua di bagian kanan) atau horizontol (atas bawah). Support gamepad adalah keterangan apakah game bisa dimainkan dengan joystick, dan jika ada embel-embel XBOX360, maka game tersebut membutuhkan kontroler XBOX360 agar kontroler dikenali dengan baik. Tenang, dengan trik, stik abal-abal juga bisa dianggap stik XBOX360 kok. Lalu, co-op mode adalah indikasi apakah game bisa dimainkan oleh semua pemain dengan membentuk tim. Lawannya adalah versus mode, di mana masing-masing pemain bertanding individual. AI included adalah keterangan apakah dalam game itu para pemain bisa bersaingan dengan komputer, atau hanya bisa bersaingan dengan pemain lain. Difficulty adalah tingkat kesulitan, dibagi menjadi tiga yang menggambarkan tingkatan kesulitan dan apakah bisa diset atau tidak kesulitannya. Dan terakhir, Easy to Run adalah keterangan apakah game memiliki minimum requirement yang tinggi atau tidak. Oh ya, di bagian Plus Minus, tercantum kelebihan dan kekurangan game tersebut. 

Berikut ini akan saya bahas beberapa contohnya. Semua game saya tes di laptop saya dengan setting maksimal. Adapun spesifikasinya berupa prosesor Intel Core i3 2330M 2.2 GHz, RAM 6 GB DDR3 1333 MHz

1.       DiRT 3 (2011)
Game buatan Codemaster ini menjadi game pertama yang akan dibahas. Game ini mengambil tema balapan rally. Kelebihan game ini adalah grafis yang memukau. Terdapat beberapa mode permainan yang bisa dimainkan berdua.
Game ini tergolong haus spek, dan memiliki tingkat kesulitan yang dapat disesuaikan. Jika hanya ingin sekedar balap, dapat memilih opsi Casual, atau jika ingin merasakan sensasi mengendarai mobil rally  dengan segala efeknya, bisa memilih kesulitan yang lebih tinggi.
SS Spec :
Max player                 : 2 orang
SS type                      : Horizontal
Support gamepad       : Ya – XBOX360
Co-op Mode              : Ya
Versus Mode              : Ya
A.I. Included              : Ya – bisa diset
Difficulty                     : Bisa diset, cocok untuk pemula
Easy to Run                : Tidak
Plus Minus                  : (+) Grafis mumpuni, simulasi rally terbaik, DX11 ready
                                     (-) Spek tinggi




2.       DiRT Showdown (2012)
Satu lagi game buatan Codemaster. Genre-nya sama dengan game di atas, bedanya di sini tidak ada namanya simulasi formal. Permainannya cenderung brutal, karena mobil dilengkapi dengan nitro dan health. Tabrakan memang menjadi ciri khas game ini.
Yang unik dari game ini adalah jenis mobil yang bentuknya aneh, dan adanya mode permainan “Knockdown” dan “Rampage”. Keduanya sarat dengan kekerasan mobil, namun tetap aman dimainkan anak-anak.
Tingkat kesulitan juga sama. Tak lupa pula, pemain disuguhi grafis yang memukau. Game ini sendiri adalah keluaran 2012.
SS Spec :
Max player                 : 2 orang
SS type                      : Horizontal
Support gamepad       : Ya – XBOX360
Co-op Mode              : Ya
Versus Mode              : Ya
A.I. Included              : Ya – bisa diset
Difficulty                      : Bisa diset, cocok untuk pemula
Easy to Run                 : Tidak
Plus Minus                  : (+) Grafis mumpuni, mode “Knockdown” dan “Rampage”, DX11 ready,
            variasi mobil dan sponsor sudah tersedia semua sejak awal
                                     (-) Spek tinggi
3.       F1 2011
Game ini merupakan official game dari kejuaraan jet darat F1 2011. Game ini sendiri dibuat oleh Codemaster Birmingham. Game ini memiliki mode splitscreen sama dengan dua game sebelumnya. Namun, hanya ada satu mode permainan, yaitu balapan biasa. Pemain bisa memainkan pembalap mana saja, baik setim atau berbeda konstruktor.
Trek yang dipilih bisa dikostumisasi jumlahnya, ingin main seluruh trek resmi F1 2011 atau pilih beberapa. Begitu juga dengan lawan dan jumlah lap-nya.
Game ini memiliki grafis yang bagus dan tergolong haus spek tinggi.
SS Spec :
Max player                 : 2 orang
SS type                       : Horizontal
Support gamepad        : Ya – XBOX360
Co-op Mode              : Ya
Versus Mode              : Ya
A.I. Included              : Ya – bisa diset
Difficulty                     : Bisa diset, sedikit sulit untuk pemula
Easy to Run                : Tidak
Plus Minus                  : (+) Grafis mumpuni, official game F1 2011, setting-an fleksibel
                                     (-) Spek tinggi

4.       Blur (2010)
Game keempat masih berbau balapan. Kali ini, balapan yang sangat liar karena dilengkapi power ups. Sekilas, kamu yang sering main CTR akan mudah beradaptasi dengan game ini.
Game ini memiliki dua mode splitscreen, yaitu balapan biasa atau mode battle, mirip dengan “Rampage”-nya Showdown. Bedanya, ya tadi, dilengkapi dengan senjata mematikan seperti peluru kendali, ranjau, dll.
Berbeda dengan ketiga game di atas, grafis yang disajikan masih tergolong belum wah, walau sudah diset maksimal.
SS Spec :
Max player                 : 4 orang
SS type                      : Horizontal (2 orang), hibrid (3-4 orang)
Support gamepad       : Ya – XBOX360
Co-op Mode             : Tidak
Versus Mode             : Ya
A.I. Included             : Ya
Difficulty                    : Bisa diset, sedikit sulit untuk pemula
Easy to Run               : Lumayan
Plus Minus                 : (+) Setting-an fleksibel, pilihan mobil dan trek banyak, ada senjata
                                    (-) Gambar tergolong biasa

 
 
 
 5.       Bang Bang Racing (2012)
Game ini dari namanya aja udah ketahuan game balap. Ya, game ini memang game balap. Bedanya, mobilnya sangat kecil. Versi PC-nya sama dengan versi Androidnya.
Terdapat dua mode permainan splitscreen, yaitu single race dan championship. Trek yang disediakan cukup beragam. Kontrolnya mudah, dan memiliki grafis yang tergolong indah. Mobil yang dapat disediakan cukup beragam, namun harus kamu unlock lewat Career, begitu pun treknya.
Balapannya sih kayak balap biasa, di trek resmi, dikelilingi pemandangan yang eksotis. Namun, di trek terdapat beberapa jebakan seperti bom, minyak pelicin, dll, yang memang terpasang dari sononya. Mobil dilengkapi nitro dan nyawa. Jika nyawa habis, mobil akan terbakar dan berjalan begitu lambat. Perbaikan dapat dilakukan di pitstop.
SS Spec :
Max player                 : 4 orang
SS type                      : Horizontal (2 orang), hibrid (3-4 orang)
Support gamepad       : Ya – XBOX360
Co-op Mode             : Tidak
Versus Mode             : Ya
A.I. Included             : Ya
Difficulty                    : Bisa diset, sedikit sulit untuk pemula
Easy to Run               : Ya
Plus Minus                : (+) Grafis mumpuni dengan spek yang rendah, variasi trek
                                   (-) Mobil dan trek harus di-unlock lewat Career, setting terbatas
 6.       Dead Block (2012)
Game ini berbeda dengan game-game sebelumnya, karena bukan balapan. Dead Block adalah game buatan Candy Games yang ber-genre zombie defense. Bukan, ini bukan tower defense kok. Di game ini, hingga 4 pemain bisa bekerja sama bertahan dari zombie yang menyerang masuk dari segala penjuru.
Pemain bebas berkeliaran tanpa harus berdekatan dengan pemain lain. Di game ini, ada 3 karakter, jadi kalau yang main ada 4 orang, akan ada 2 orang yang karakternya sama. Tiap karakter memiliki kelebihan masing-masing.
Dalam bertahan, ada 4 kegiatan utama yang bisa dilakukan selain mondar-mandir ga jelas. Pertama, mencari kayu dengan menghancurkan barang-barang. Kedua, mencari part dan senjata di berbagai lokasi. Ketiga, memasang jebakan, dan keempat tentu saja membasmi zombie.
Zombie akan masuk melalui pintu atau jendela. Makanya, harus dipasangi jebakan, yang mana jebakan yang dibuat tiap karakter berbeda. Karakter juga memiliki senjata sekunder yang bisa dipakai setelah di-charge, yaitu semacam senjata api yang dapat melenyapkan banyak zombie dalam waktu singkat.
Selain jebakan, pemain juga bisa memasang pengalih perhatian, seperti TV dan daging panggang yang bakalan diserbu oleh zombie, atau juke box yang membuat zombie berjoget dan mudah dikalahkan.
Satu kata buat game ini : seru! Game ini cocok untuk melatih kerja sama, karena pemain hanya akan survive jika saling membantu. Jika ada karakter yang mati, karakter lain yang masih hidup bisa menghidupkannya lagi. Jika semuanya mati, ya game over.
SS Spec :
Max player                 : 4 orang
SS type                      : Horizontal (2 orang), hibrid (3-4 orang)
Support gamepad       : Ya – XBOX360
Co-op Mode             : Ya
Versus Mode             : Tidak
A.I. Included             : Ya – sebagai zombie
Difficulty                    : Bisa diset, sedikit sulit untuk pemula
Easy to Run               : Ya
Plus Minus                 : (+) Grafis bagus dengan spek yang rendah, harus teamwork, variasi senjata
     dan jebakan banyak
                                   (-) Jumlah level sedikit
 
 
 7.       Renegade Ops
Dan game terakhir ini juga berbeda. Yap, genre-nya adventure. Ceritanya, kamu disuruh memberantas musuh yang jahat (ya iyalah). Sayangnya, bukan sebagai orang yang berlarian ke sana ke mari, namun mengendarai mobil perang dan helikopter. Unik ya, idenya.
Grafis yang disajikan lumayan bagus. Game ini merupakan game co-op yang mengharuskan adanya kerja sama. Karena jika tidak, musuh akan mudah menghabisi pemain. Cerita tentang kesulitan, terasa meningkat sesuai progres kamu. Karena environment tiap level besar, maka pihak pembuat game memberikan peta dan penanda menuju objek sasaran. Selain target utama, ada juga semacam side mission yang membarengi.
Ada 4 karakter mobil yang dapat dipilih, dan semuanya memiliki kemampuan khusus masing-masing, misalnya ada yang mampu bulletproof untuk beberapa saat, atau memiliki senjata rudal yang besar, dll. Overall, game ini cocok untuk memupuk kerja sama di keluarga atau pun pertemanan.
SS Spec :
Max player                 : 2 orang
SS type                      : Horizontal atau vertikal (sesuai pilihan)
Support gamepad       : Ya – XBOX360
Co-op Mode             : Ya
Versus Mode             : Tidak
A.I. Included             : Ya, sebagai musuh
Difficulty                    : Bisa diset, ramah untuk pemula
Easy to Run               : Ya
Plus Minus                 : (+) Grafis cantik, waktu bermain per level yang panjang
                                    (-) Tidak ada upgrade senjata (untuk yang level Easy)
 
 
 
 
 
 

Yups, demikian aja game-game splitscreen yang bisa dijadikan pendekat antar keluarga di kala liburan. Dengan demikian, ga selamanya teknologi memisahkan yang dekat, ya kan?

(Selanjutnya, akan dibahas game non-splitscreen. Tungguin yak!)
Posting Komentar