Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

10 Juli 2012

Game sebagai Perekat Keluarga – Part 1

Disclaimer : Game berikut merupakan game-game yang dapat dimainkan secara bersama-sama di satu layar monitor. Tidak ada hubungannya dengan LAN maupun internet games. Game-game berikut merupakan game berbayar, jadi usahakan membeli yang asli ya!

Kembali lagi ke blog ini. Sering ga sih dengar istilah, bahwa teknologi itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Saya kira itu benar adanya. Bagi saya yang merantau ke Depok, teknologi sangat membantu saya dalam berkomunikasi dengan keluarga dan pacar saya yang berada di Medan. Namun, teknologi juga mampu menjauhkan yang dekat. Lihat saja, ketika sedang rapat, ada saja orang yang asyik dengan smartphone-nya, entah itu SMS-an, buka FB, nge-tweet, BBM-an, atau apalah itu, sedang orang yang ada di rapat diabaikan. Hayo, ngaku siapa yang suka begitu? 

Lalu, ada ga sih, teknologi yang mendekatkan yang jauh maupun yang sudah dekat? Ada kok. Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman liburan. Ya, satu dari 3 bulan liburan sudah saya habiskan di kampung ibu saya. Keadaan di sana masih begitu tradisional. Ada banyak sepupu saya yang masih kecil. Mudah saja membuat mereka senang : sodorkan game kepada mereka, selagi mereka sedang berlibur. Toh, mereka hanya bisa main game saat saya pulang ke kampung.

Well, berhubung saya sepupu saya ada 2 dan adik saya ada 2, ‘kan kurang etis kalo game-nya hanya bisa dimainkan satu orang. Makanya saya sengaja mempersiapkan amunisi untuk merangkul mereka semua : game! Yup, saya sengaja mencari sebanyak mungkin game yang bisa dimainkan minimal oleh dua orang sekaligus dalam satu layar. Didukung koneksi “dewa” Fasilkom UI, rencana saya berjalan mulus.
Ya, game dapat dikatakan teknologi yang mampu mendekatkan yang jauh maupun yang dekat. Yang berjauhan dapat memainkan social game ataupun internet game lainnya. Sedangkan yang dekat dapat memainkan offline multiplayer game atau LAN party game. Berhubung LAN ribet, saya akan ambil yang offline multiplayer game (kita singkat jadi OMG ya) saja. Artikel ini akan dibagi menjadi tiga bagian, yang pertama tentang pembagian OMG berdasarkan layar yang dipakai, lalu artikel kedua dan ketiga akan membahas contoh game-nya.

OMG atau offline multiplayer game adalah game yang dapat dimainkan lebih dari satu pemain sekaligus di dalam satu layar yang sama, jadi hanya memerlukan satu komputer saja. Cara ini lebih murah daripada tipe LAN, di mana LAN game mengharuskan tiap pemain memiliki satu komputer sendiri. Walau LAN game lebih banyak, tapi kurang dekat karena tiap pemain melihat satu layar yang berbeda-beda. Bandingkan dengan OMG yang melihat apa yang orang lain lihat.
Apa saja sih persyaratan game yang termasuk OMG? Menurut versi saya nih :
1        -  Dapat dimainkan oleh > 1 pemain dalam satu layar yang sama.
2        -  Mendukung joystick.
3        -  Menyenangkan! :D

Ada apa dengan syarat kedua? Karena ada > 1 pemain yang akan dikontrol, maka ga cukup hanya keyboard dan mouse yang notabene cocok untuk satu pemain saja. Dibutuhkan controller agar maksimal 4 pemain bisa main sekaligus. Cara ini terinspirasi dari PSX yang mampu menerima masukan dari 4 pemain sekaligus, berkat fitur MultiTap-nya. Di OMG juga sama. Saya sarankan beli joystick murahan aja, yang double (dua stick namun hanya satu colokan USB), jadi bisa memasangkan 4 stick dan hanya memakan 2 slot USB. Ga perlu yang mahal-mahal seperti stick XBOX 360. Bahkan dengan converter, stik PS 2 lawas juga bisa. 

Namun, ga semua game support stik abal-abal. Ada game yang ga mau jalan kalo stik yang dipakai bukan stik XBOX. Lalu, haruskah beli stik yang harganya per satuannya mencapai 250 ribuan ini? Tentu saja tidak. Kita dapat gunakan emulator XBOX stick. Nanti akan saya bagikan di artikel kedua dan ketiga sesuai dengan requirement game yang bersangkutan.
Well, komputer kamu (apakah itu desktop ataupun laptop), minimal harus memiliki layar berukuran 14 inci. Jika hanya netbook yang kamu pakai, ga bakalan berasa maksimal view per pemain jika ada 4 pemain. Dan pastikan juga spesifikasi kamu cukup mumpuni untuk menjalankan game-game yang akan segera dibahas di artikel selanjutnya!

Oh ya, OMG sendiri dibagi menjadi dua, yaitu splitscreen game dan non-splitscreen game. Bedanya hanya di bagaimana game memberi view kepada pemain, apakah diberikan jatah view sendiri-sendiri (berarti area layar dipecah sebanyak pemain / splitscreen), atau diberikan selayar utuh view untuk dilihat semua pemain (non-splitscreen). Splitscreen atau SS game ini contohnya game balapan dan co-op adventure. Sedangkan non-SS game didominasi oleh game olah raga dan fighting. Berikut ini saya berikan contoh tampilan SS dan non-SS. Nantikan ulasannya di lanjutan artikel ini! :D
Contoh SS game
Contoh non-SS game

Tidak ada komentar: