Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

12 Juni 2011

Waspada Keylogger : Si Pencuri Password

Well, saya tergugah membuat postingan mengenai keylogger. Kenapa? Karena baru-baru ini akun Facebook teman saya di-hack. Nah, salah satu cara nge-hack akun orang, mau itu hack akun Facebook, Twitter, email, atau apapun itu, adalah keylogger.

Apa sebenarnya keylogger itu? Menurut bahasa awamnya, keylogger adalah pencatat tersembunyi. Pencatat, karena program yang tergolong malware ini kerjaannya mencatat aktivitas keyboard, dan mengirimkan dalam bentuk log (laporan) kepada pemasang keylogger melalui email. Dan tersembunyi karena berjalan di background dan biasanya tidak terlihat di systray. Banyak malah yang menginstalnya di dalam folder Windows yang jauh tersembunyi, sehingga tidak mencurigakan target.
Karena kemampuannya, keylogger sering digunakan untuk memata-matai kegiatan si mangsa. Seringnya sih, dipasang di internet. Saya kasih contoh sederhana. Si A pergi ke warnet. Sebagai anak muda, ga afdol kalo ga FB-an. Nah, karena warnet itu dipakai bersama, si A ga tau apakah komputer yang dipakainya bebas dari virus dkk. Antivirus yang terpasang juga kadaluarsa. Karena ketidakpeduliannya itu, dia santai aja FB-an. Mengetik password dan nama emailnya di halaman depan FB. Padahal, ada keylogger tersembunyi di balik layar. Lantas, setiap tuts keyboard yang ditekan, termasuk kala mengetik email dan password, akan direkam dan dikirimkan ke pemasang keylogger lewat jaringan internet. Tentu si A ga da ngerasa hal aneh. Maka dia ngeloyor pulang setelah tentunya log off.
Nah, di markasnya sana, sang penjebak tertawa (hahaha) melihat hasil kerja keylogger. Lalu dia membuka FB dan login ke akun si A. Dan...ta da...mulus tanpa hambatan. Itulah mengapa muncul aduan "akun FB aku di-hack".
Udah ngerti cara kerjanya kan? Lantas gimana cara akalinya? Apalagi kalo di warnet yang ga tau sapa aja yang pakai. Ada dua cara yang bisa saya berikan. Pertama, pakai OSK. Paan tu? Tenang, ini bukan Olimpiade Sains Kota/Kabupaten, tapi On-Screen Keyboard. Di Windows XP, kamu bisa mengaksesnya lewat Start, All Programs, Accesories, Accessibility, On-Screen Keyboard. Kalau di Vista atau Win 7, Start, lalu ketik osk.
Nah akan muncul tampilan sebagai berikut.
Sip...buat ngetik password dan email gunakan ini, jadi keylogger ga bisa merekam pass n email kita. Hal ini dikarenakan keylogger hanya dirancang buat merekam akitivitas di keyboard fisik (asli), jadi keyboard virtual aman.
Buat yang ngerasa masih kurang, bisa andalkan antivirus. Yup, yang satu ini kudu ada di tiap PC. Kebanyakan antivirus sekarang udah anti keylogger kok. Hehehe. Asal harus berhati-hati, karena banyak juga antivirus palsu atau rogue antivirus. Ini mah sodaranya keylogger.
Semoga ocehan saya bisa berguna.
Komentar saya persilahkan dengan segala hormat.
:)
Posting Komentar