Cari

Quick Info

WATCH_DOGS 2 banyak menuai pujian, terutama di PC mengingat optimasi yang bagus yang dibawanya. Tentu ini menjadi angin segar bagi PC gamer ketika di beberapa waktu lalu terdapat beberapa game level AAA yang memiliki optimasi buruk ketika diluncurkan.
Semoga apa yang dilakukan WD2 menjadi tren di PC gaming tahun depan :)

05 Juli 2010

Antara Freeware dan Shareware

Di internet banyak kita temui software-software. Ada yang disebut freeware dan shareware. Semuanya bisa kita pakai, namun memiliki kriteria masing-masing. Apakah perbedaan keduanya?
Yang pertama freeware. Ini adalah jenis software dengan jumlah terbanyak. Biasanya merupakan aplikasi mini, namun ada juga yang berupa aplikasi menengah bahkan suite. Contohnya OpenOffice.org. Suite office ini merupakan alternatif gratis dari Microsoft Office. Freeware merujuk ke software yang dapat di-download, digunakan sendiri, maupun disebarkan secara gratis dan legal. Adapun freeware tidak boleh dijual untuk kepentingan sendiri.
Walaupun jumlahnya banyak, namun pembajakan terus saja terjadi. Ini dikarenakan kualitas freeware belum bisa menyaingi shareware. Namun, tidak semuanya setuju. Sudah banyak orang mulai berpindah ke Linux yang free alih-alih memakai Windows yang berbayar. Kualitas freeware semakin lama semakin mendekati shareware. Jadi, minat orang-orang untuk mencoba freeware semakin besar, terlebih karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun. Salah satu contoh, ada freeware bernama Paint.NET yang memiliki kemampuan nyaris seperti Adobe Photoshop.
Yang kedua adalah shareware, aplikasi yang dapat berjalan sepenuhnya jika kita sudah membelinya secara sah. Biasanya shareware dibeli dengan 2 cara. Yang pertama secara langsung membeli dari toko yang menjual shareware asli. Di sana akan diberikan media dalam bentuk keping CD/DVD lengkap dengan serial number yang tertera atau disisipkan di box. Contohnya Microsoft Windows. Yang kedua ada pula yang melayani pembelian online yang pembayarannya melalui rekening. Setelah transaksi selesai, pembeli akan dikirimi serial number ke email-nya.
Ada shareware yang belum bisa dipakai walau sudah membeli secara legal. Terkadang masih butuh aktivasi online lagi demi mencegah adanya pembajakan. Setelah diaktivasi dan dinyatakan legal, software tersebut bisa berjalan dengan mulus.
Shareware ini yang menyebabkan banyak masalah. Karena kualitasnya yang bagus, banyak orang menghalalkan segala cara demi mendapatkannya. Inilah yang membuat banyak terjadi pembajakan, bahkan penyebaran virus lewat crack, keygen atau semacamnya.
Sebenarnya, ada juga software yang berada di pertengahan freeware dan shareware. Biasanya disebut Lite Edition. Software jenis ini memang gratis dan bisa dipakai dengan baik tanpa bayar, namun jika kita membayar untuk upgrade, kita akan mendapat fitur ekstra dari produsen. Contohnya adalah SiSandra Software Lite.
Well, silahkan kita memilih mana yang baik untuk kita dan orang lain.
Posting Komentar